icon-category Digilife

Bos Apple Minta Gajinya Dipotong 40 Persen, Kenapa?

  • 15 Jan 2023 WIB
Bagikan :
Foto: Tim Cook/The Ladders

Uzone.id – Di saat semua orang ingin gajinya naik, Tim Cook yang menjabat sebagai CEO Apple malah meminta sekitar 40 persen gajinya dipotong di 2023 ini.

Agak lain memang, karena tak biasanya seorang eksekutif meminta gajinya dipotong, kecuali ketika perusahaan sedang melakukan penghematan.

Dikutip dari Engadget, usulan ini tertera dalam pengajuan perusahaan ke Komisi Sekuritas dan Bursa (SEC). Hal ini dilakukan Cook menyusul adanya pemungutan suara para pemegang saham Apple, dimana lebih dari 30 persen tak setuju mempertahankan paket gaji 2021.

Baca juga: Di Tangan Elon Musk, Twitter Kok Jadi Krisis Identitas?

Berdasarkan pemungutan ini, Ia mengusulkan agar kompensasi yang diberikan berdasarkan umpan balik yang ia terima.

Kira-kira berapa kisaran gaji Tim Cook di Apple tahun ini?

Jika pengajuan ini diterima, Cook pun ditargetkan untuk mendapat total pendapatan sekitar USD49 juta saja di tahun 2023 atau sekitar Rp742 miliar, tekor USD35 juta atau Rp529 miliar dibandingkan  tahun lalu.

Gaji pokoknya tetap tak berubah, USD3 juta atau Rp45,3 miliar per bulan, begitupun insentif tunai tahunannya tetap tak berubah yaitu USD6 juta atau setara Rp90,6 miliar.

Tapi, bonus-bonus kinerjanya yang dipotong dari USD75 juta atau Rp1,13 triliun menjadi USD40 juta atau sekira Rp604 miliar tahun ini.

Baca juga: Upgradenya Banyak, iPhone 15 Lebih Worth it Buat Dibeli?

Tapi, total gaji Tim Cook biasanya selalu lebih dari target awal, seperti di tahun 2022 lalu, total gajinya melampaui target sekitar USD15 juta alhasil gajinya mencapai USD99,8 juta atau sekitar Rp1,5 triliun.

Sebelumnya, Tim Cook sempat ditentang oleh salah satu kritikus dari Institutional Shareholder Services soal paket gajinya yang mana separuh dari bonus-bonus dan kompensasinya disebut tak memiliki kriteria kinerja.

Mungkin berangkat dari kritikan ini, Cook mulai memikirkan bonusnya yang terlampau besar (dan ingin menyalurkannya ke karyawan Apple yang lebih berhak). Lagi pula, tahun ini juga diramal bakal gelap gulita, jadi lebih baik menghemat, kan?

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini