icon-category Gadget

Upgradenya Banyak, iPhone 15 Lebih Worth it Buat Dibeli?

Ilustrasi iPhone 15 (Foto: Victor Carvalho/Unsplash)

Uzone.id - Apple gak lagi mengulangi kesalahan saat meluncurkan iPhone 14 dan 14 Plus yang tidak membawa upgrade signifikan saat diluncurkan. Raksasa asal Cupertino ini akan menebusnya di iPhone 15 dan 15 Plus yang mengusung spesifikasi jauh lebih baik ketimbang generasi terdahulu.

Menurut Jeff Pu, analis dari Haitong Intl Tech Research, kedua iPhone terbaru itu akan membawa kamera 48 MP yang sama seperti iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max. Dengan kamera yang baru, iPhone 15 versi reguler memiliki kemampuan zooming yang lebih oke dan bisa menghasilkan gambar dengan kualitas yang semakin baik. 

Berkat skema pencitraan quad-binning, pemotretan malam dapat memberikan hasil foto maupun video yang lebih terang dan minim noise. Bagi para kreator, mengambil gambar RAM di resolusi tertinggi pun dimungkinkan untuk memudahkan mereka melakukan pengeditan lebih lanjut.

Hal ini pun menjadi upgrade yang amat signifikan ketimbang iPhone 14 Series. Bisa dibilang, gap perbandingan antara iPhone 13 dan iPhone 14 standar tak begitu jauh.

Baca juga: Belum Kapok, Apple Masih Berniat Jual iPhone 15 Plus

Hanya saja, spesifikasi kamera di iPhone 15 dan 15 Plus tak akan se-advanced iPhone 15 Pro apalagi 15 Pro Max. Model tertinggi tersebut akan dilengkapi kamera telephoto dengan fitur optical-zoom yang jauh.

Dari rumor yang berembus, iPhone 15 Pro Max bahkan memiliki lensa periskop dengan 6x optical-zoom di samping lensa tele dengan 3x optical-zoom yang turut disematkan dalam bingkai kameranya yang lebih besar.

Varian Pro dan Pro Max juga akan ditenagai prosesor Apple 17 terbaru. Chip dengan arsitektur 3nm dari TSMC yang ditopang juga dengan RAM 8 GB. Sementara iPhone 15 dan 15 Plus cuma mengandalkan Apple A16 yang sama seperti iPhone 14 Pro Series.

Baik model reguler dan Pro untuk pertama kalinya akan dilengkapi dengan port USB-C untuk mematuhi peraturan Uni Eropa yang baru. Akan tetapi, hanya varian Pro saja yang punya USB-C 3.2 Gen, sementara varian standar terbatas pada USB 2.0 saja.

Upgrade lain yang membuat iPhone 15 dan 15 Plus terasa worth it buat dibeli para fanboy Apple desainnya yang tak lagi menggunakan notch. Apple bakal menerapkan desain 'layar berlubang' atau Dynamic Island yang mulai dipopulerkan iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max.

Baca juga: Snapdragon 8 Gen 2 vs A16 Bionic: GPU iPhone 14 Pro Max Keok!

Bodi iPhone 15 Pro terbuat dari titanium

Masih dari keterangan Jeff Pu, iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max turut membawa beberapa upgrade ketimbang seri sebelumnya. Salah satunya adalah bingkai bodi yang berbahan dasar titanium.

Yang menarik, mungkin saja smartphone tersebut tampil dengan tombol yang lebih sedikit. Hanya ada tombol power mirip seperti iPhone SE, sementara tombol volume tersedia secara virtual saja. 

Keduanya pun membawa fitur haptic feedback yang lebih berasa, terutama buat para gamer. Terdapat dua taptic engine tambahan yang disematkan Apple pada iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max.

Jeff Pu memprediksi, iPhone 15 Series akan dijual perdana pada 23 September 2023 mendatang. Pastinya, peluncurannya bakal digelar lebih cepat, mungkin sekitar 13 sampai 16 September 2023.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini