icon-category Auto

Supercar Listrik China Ini Bisa Kalahkan Kecepatan Bugatti Chiron

  • 22 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :
    Aion Hyper SSR EV (Foto: Carnewschina)

    Uzone.id - Supercar listrik, Aion Hyper SSR Ultimate EV diklaim mampu mengalahkan kecepatan dari mobil jalanan paling ngebut saat ini, Bugatti Chiron. Dalam peluncuran perdananya, GAC Aion mengklaim kalau mobil listrik terbarunya bisa berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 1,9 detik.

    Bandingkan dengan Bugatti Chiron yang perlu 2,4 detik untuk mencapai 100 km/jam. Selisih waktu tersebut membuat Aion Hyper SSR Ultimate EV sampai diklaim sebagai supercar nomor wahid di China.

    Selain lebih kencang, soal harga pun Aion Hyper SSR Ultimate EV lebih murah. Untuk model standar, dijual mulai USD186 ribu atau sekitar Rp2,7 miliar. Sedangkan untuk varian Ultimate, dipasarkan di harga USD244 ribu atau Rp3,6 miliar (kurs Rp15.019 per USD1).

    Harganya berkali-kali lipat lebih murah ketimbang harga Bugatti Chiron yang dipasarkan mulai dari USD3,3 juta atau seharga Rp49,5 miliar.

    Hanya saja, seperti dilansir Carnewschina, konsumen yang memesan Aion Hyper SSR harus menunggu satu tahun karena mobil listrik ini baru bisa dikirim ke pembeli mulai Oktober 2023.

    BACA JUGA: Upgrade Mesin, New Honda CBR250RR Tetap Bisa Diisi Pertalite

    Aion Hyper SSR EV (Foto: Carnewschina)

    Interior modern, performanya luar biasa

    Mobil listrik ini dirancang dengan desain yang modern, salah satunya seperti desain pintu burung camar yang juga membuatnya terlihat sangar. 

    Bagian belakangnya dilengkapi spoiler pembangkit listrik dan diffuser serat karbon yang bisa mengalirkan udara dengan cepat untuk menghasilkan tekanan ke bawah.

    Begitu juga di bagian interiornya yang futuristik. Terdapat layar multimedia berukuran 14,6 inci dan nstrumen cluster seluas 8,8 inci. Layar-layar ini menampilkan informasi kendaraan yang dibutuhkan oleh pengendara.

    Aion Hyper SSR EV (Foto: Carnewschina)

    Aion Hyper SSR memiliki output tenaga hingga 1.225 hp dan mode penggerak MR (Mid-4WD pada Hyper SSR Ultimate). Berkat performa akselerasi yang luar biasa, GAC mengatakan Aion Hyper SSR adalah supercar nomor satu di China.

    BACA JUGA: Melihat Langsung Perakitan New Honda CBR250RR di Pabrik AHM Karawang

    Sebagai informasi, Aion adalah merek kendaraan listrik China dari Guangzhou Automobile Corporation. Kemudian, GAC Group adalah sebuah produsen mobil Tiongkok yang berkantor pusat di Guangzhou, Guangdong, dan merupakan anak perusahaan dari Guangzhou Automobile Industry Group.

    Aion Hyper SSR sendiri menjadi mobil listrik pertama yang diposisikan pada seri flagship atau hypercar. Desain dan teknologinya merupakan hasil kerja sama strategis antara GAC Aion dengan China National Space Administration.

    Kedua belah pihak akan bekerjasama melakukan penelitian dan pengembangan bersama di bidang aerodinamika, material inovatif, pengendalian AI, dan bidang lainnya. Selain itu, keduanya juga mendirikan Hyper Scientific Research Laboratory.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini