Telco

Surabaya Kedatangan 5G Indosat Ooredoo

  • 16 September 2021
  • Bagikan :

    Foto: dok. Indosat Ooredoo

    Uzone.id -- Perusahaan operator seluler Indosat Ooredoo resmi meluncurkan jaringan 5G di Surabaya, Jawa Timur. Langkah ini menjadi rangkaian dari perluasan layanan 5G di Indonesia setelah Jakarta dan Solo.

    Kehadiran 5G di Surabaya ini juga menjadi bentuk dukungan Indosat untuk mendorong inovasi dan pemberdayaan talenta atau SDM digital dari lokal.

    Bertepatan dengan peluncuran layanan 5G ini, sebuah Nokia 5G Experience Center baru telah dibuka di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melalui kemitraan dengan Nokia, ITS, dan Universitas Oulu Finlandia.

    Fasilitas ini akan fokus menyediakan pendidikan, pengembangan, dan kemampuan pengujian di bidang 5G, dalam rangka membantu memperkuat talenta digital lokal, mempercepat pengembangan konten dan use case 5G lokal, dan mendorong pembangunan ekonomi dengan memanfaatkan keunggulan teknologi 5G.

    Baca juga: 5G Indosat Sambangi Jakarta

    “Kami sangat bersyukur dan bangga meluncurkan layanan 5G Indosat di Surabaya sejalan dengan komitmen kami untuk terus menjadi yang terdepan dalam revolusi 5G di Indonesia,” ungkap President Director and CEO Indosat Ooredoo, Ahmad Al-Neama dalam keterangan resminya yang diterima Uzone.id.

    Ia melanjutkan, “teknologi ini akan membantu membuka banyak peluang bagi pendidikan, masyarakat, dan ekonomi daerah. Dengan dukungan penuh dari Pemerintah, Indosat Ooredoo terus mempercepat transformasi Indonesia menjadi bangsa digital dan berkemampuan 5G.”

    5G Experience Center ini akan menjadi katalisator pengembangan ekosistem 5G di Indonesia dengan terbentuknya Forum 5-IONE (5G - Indonesia Institution of Innovation ITS Indosat Oulu Nokia Ecosystem).

    Baca juga: Merger Indosat dan 3 Belum Final

    Forum 5-IONE ini diklaim telah berhasil membuat dua program percontohan di Jawa Timur untuk pembuatan use case 5G dengan cetak biru untuk konseptualisasi dan pengembangan Smart City & Smart Corridor untuk kota Surabaya & Kabupaten Jember.

    Teknologi 5G menawarkan kemampuan untuk mewujudkan berbagai use case unik yang mencakup semua industri serta bermanfaat bagi pemerintah dan pelanggan bisnis.

    Beberapa use case paling canggih yang ditampilkan pada peluncuran ini termasuk Remote Classroom Education, 5G Security Operations, Collaborative Robot Demo, 5G Immersive Gaming, VR-enabled Fashion Experience, dan 5G Robotic and Manufacturing.

    Setelah peluncuran di Surabaya dan dua kota sebelumnya, Indosat mengaku akan terus melanjutkan revolusi 5G di Indonesia.

    VIDEO: Rangkuman Apple Event 2021, Apa Lagi Selain iPhone 13?