icon-category Auto

Suzuki S-Presso Pengganti Wagon R Dapat Rating Bintang Nol

  • 05 Jul 2022 WIB
  • Bagikan :
    Suzuki S-Presso (Foto: Suzuki)

    Uzone.id - Suzuki S-Presso sempat tertangkap kamera spy shot saat diangkut truk towing di jalanan Jakarta. Yup, S-Presso memang sudah siap mengaspal di Indonesia.

    Bahkan, kabarnya dealer sudah membuka open inden untuk mini SUV buatan India ini. Untuk harga pun konon tak akan lebih dari Rp200 juta.

    Keberadaan S-Presso di Indonesia untuk menggantikan Karimun Wagon R yang sudah tak dijual lagi di tahun 2021. Keduanya sama-sama memakai mesin K10B 1000 cc 3-silinder bertenaga 67 hp.  

    Namun, ada kabar mengejutkan ketika Global NCAP melaporkan bahwa Maruti Suzuki S-Presso mendapat peringkat bintang nol usai menjalani tes tabrak untuk kampanye #SaferCarsForIndia.

    Global NCAP merupakan organisasi tingkat dunia yang melakukan tes tabrak atau NCAP crash test untuk mobil-mobil yang baru dirilis.

    Nah, untuk Suzuki S-Presso yang dijual di India memang cuma dibekali satu airbag, yakni di bagian kokpit sebagai standar.

    BACA JUGA: Suzuki S-Presso Pengganti Wagon R Sudah Mendarat di Indonesia

    Untuk proyek #SaferCarsForIndia, Global NCAP cuma menguji perlindungan tabrakan frontal untuk penumpang dan bukan perlindungan benturan samping dan pejalan kaki.

    Skenario keselamatan ini akan jadi bagian dari evolusi protokol uji tabrakan Global NCAP di India di masa depannya.

    "Sangat mengecewakan bahwa Maruti Suzuki, pabrikan dengan pangsa pasar terbesar di India, menawarkan kinerja keselamatan yang rendah untuk konsumen India. Pabrikan dalam negeri seperti Mahindra dan Tata telah menunjukkan tingkat keamanan dan perlindungan yang tinggi bagi pelanggan mereka, keduanya mencapai peringkat bintang lima. Tentunya sudah waktunya bagi Maruti Suzuki untuk menunjukkan komitmen terhadap keselamtan ini bagi pelanggannya," tutur Alenjandro Furas, Sekretaris Jenderal Global NCAP, dikutip dari situs resminya.

    BACA JUGA: Unit Pertama Toyota Hyryder Tiba di Dealer

    S-Presso meraih bintang nol untuk perlindungan penumpang dewasa dan dua bintang untuk perlindungan penumpang anak.

    S-Presso hanya menawarkan airbag pengemudi sebagai standar. Selain itu, perlindungan penumpang anak menunjukkan hasil yang buruk untuk kedua boneka anak saat pengujian.

    Mini SUV ini juga tidak mendapat sabuk pengaman 3 titik di semua posisi sebagai standar dan tidak punya penahan ISOFIX untuk fitur Child Restraint System atau CRS.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini