home ×
Digilife

Tahukah Kamu iPhone dan iPad Akhirnya Bisa Putar Video 4K di YouTube

16 October 2020 By
Tahukah Kamu iPhone dan iPad Akhirnya Bisa Putar Video 4K di YouTube
Share
Share
Share
Share

iPhone sudah mendukung 4K (Foto: Answers & Reviews)

Uzone.id - Hal yang menjengkelkan bagi pengguna Apple, baik itu iPhone atau iPad adalah belum bisa memutar video dengan resolusi 4K di YouTube. Padahal perangkatnya sendiri sudah mendukung.

Masalah itu akhirnya terselesaikan, setelah Apple menggulirkan iOS 14 dan iPadOS 14 ke seluruh pengguna perantinya sebulan yang lalu. Coba saja cek aplikasi YouTube kalian, kini videonya sudah mampu di-setting hingga resolusi 2160 atau 4K.

Sebetulnya ada dua varian utama 4K, yakni resolusi 4K biasa dan 4K HDR. Aspek HDR memiliki resolusi yang sama tetapi karena memiliki lebih banyak per piksel sehingga membuat gambarnya lebih hidup.

Di aplikasi YouTube di perangkat iPhone dan iPad kalian, kita akan melihat format 2160p sebagai 4K dan 2160 HDR sebagai 4K HDR. Namun sayangnya, tidak semua perangkat mendukung resolusi 4K HDR.

Baca juga: Netflix Hapus Layanan Gratis Sebulan

Dari pengujian tim Uzone.id, menggunakan perangkat iPad 7 dan iPad Air 3 saja hanya mendapatkan 4K biasa, sementara iPhone XR dan iPhone 11 sudah mendukung 4K HDR.

Alasan mengapa iOS 14 baru memungkinkan menonton konten 4K di YouTube adalah karena Apple baru menambahkan dukungan untuk codec video VP9 Google.

Baca juga: Perbandingan 4 Varian iPhone 12


Codec video pada dasarnya adalah program yang memungkinkan pemrosesan video. Apple menggunakan satu codec 4K untuk layanannya (H.265), dan Google menggunakan codec lain (VP9).

Perpecahan itu adalah mengapa kita sebelumnya belum melihat 4K atau 4K HDR untuk YouTube selain konten sewa dan pembelian pada produk Apple TV.

Agak mengherankan melihat Apple menyerah dan menambahkan dukungan VP9 untuk semua perangkatnya. Melihat jejak rekam perusahaan ini yang dahulu saja menolak untuk menambahkan dukungan Flash ke iOS.

Tapi sudahlah ya, jika ini akhirnya membuat kita bisa menonton video 4K, kenapa tidak bukan!

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article