home ×
Telco

Tahun 2021, Kominfo Siapkan 5G di Destinasi Wisata dan Beberapa Wilayah Lain

31 December 2020 By
Tahun 2021, Kominfo Siapkan 5G di Destinasi Wisata dan Beberapa Wilayah Lain
Share
Share
Share
Share

(Foto: YouTube Kemkominfo TV)

Uzone.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate akhirnya membuka suara soal persiapan teknologi 5G di Indonesia. Dalam konferensi pers Kaleidoskop 2020 & Outlook 2021: Indonesia Terkoneksi Makin Digital Makin Maju, Johnny menyatakan, “Tahun 2021 juga akan ditandai dengan persiapan deployment 5G teknologi di Indonesia.”

Lebih lanjut, Johnny menyatakan bahwa persiapan ini akan mulai di beberap spot pariwisata utama, kawasan industri, dan kota mandiri yang dari sisi ekosistem dinilai telah siap dengan teknologi 5G. Sayangnya, ketika ditanya lebih lanjut soal wilayah, Johnny tidak memberikan jawaban detail.

Baca juga: Google Mau Video Instagram dan TikTok Muncul di Browsernya

“Wilayahnya sangat tergantung pada ekosistem yang bisa mendukung kelayakan investasi di situ. Ada beberapa aspek yang menjadi perhatian, di antaranya, misalnya, di destinasi wisata utama untuk mendukung pariwisata nanti pada saat COVID-19 sudah bisa kita tangani,” ujarnya dalam konferesi pers yang digelar secara online pada Rabu (30/12).

Soal persiapan teknologi 5G di kawasan industri, Johnny menjelaskan bahwa wilayah ini berkaitan dengan robotisasi, sehingga akan mendukung efisiensi dan perekonomian yang lebih baik.

Baca juga: Usai Viral di Medsos, iBox dan TikToker @Julio.ioio Berdamai

“Atau bahkan di kota kota tertentu seperti kota kota mandiri, ya, bisa saja layak untuk dimulai deploy 5G di sana. Jadi sistem atau model pembangunan yang kita lakukan itu berdasarkan coverage area yang ekosistemnya sudah siap dan mendukung kelayakan investasi di sana,” tuturnya.

Di samping itu, ia juga menekankan bahwa yang paling penting dari persiapan teknologi 5G adalah pemerintah berupaya menyiapkan spektrum frekuensi yang memadai. Ia juga berharap ada teknologi yang tepat guna di Indonesia.

Meski demikian, Kominfo tetap mengoptimalkan deployment 4G. Johnny mengatakan hal ini untuk memperkecil disparitas digital atau digital devide antar wilayah di Indonesia.

VIDEO: Infinix Note 8 Review, Bodi Kayak Flagship

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

0 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article