home ×
Telco

Tak Ada Lagi Segmentasi Pelanggan, Alasan Telkomsel Lebur simPATI, Kartu As dan Loop

05 July 2021 By
Tak Ada Lagi Segmentasi Pelanggan, Alasan Telkomsel Lebur simPATI, Kartu As dan Loop
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Setelah memulai segmentasi pelanggan sejak 2004 dengan menghadirkan Kartu As, Telkomsel memiliki tiga kartu prabayar untuk segmen pengguna yang berbeda. Tahun ini, usai perubahan logo, perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia itu akhirnya melebur semua kartu prabayar menjadi satu, Telkomsel Prabayar.

Dikatakan Vice President Prepaid Customer Jawa dan Bali Nusra Telkomsel, Tuty R. Afriza, peleburan ketiga kartu prabayar ini bukanlah hal yang instan dilakukan Telkomsel. Perusahaan tersebut mengaku telah melakukan riset selama lebih dari setahun. Semua bertujuan untuk menyederhanakan layanan.

telkomsel prabayar

"Kami telah melakukan riset selama setahun. Dari situ kita dapati bahwasanya tidak ada lagi segmentasi pelanggan. Kami berupaya mengakomodir kebutuhan data pelanggan. Ada pelanggan yang menikmati video, game, streaming dan lainnya. Dan itu bukan karena segmentasi berdasarkan demografi anak muda atau mass market, melainkan karena kebutuhan data," ujar Tuty dalam konferensi pers yang berlangsung secara virtual hari ini, Senin, 5 Juli 2021.

Baca juga: simPATI, Loop dan Kartu As Dilebur Jadi Telkomsel Prabayar

Memang saat kehadirannya, Kartu AS dan Loop melengkapi kehadiran simPATI yang menyasar segmen berbeda. Kartu AS, yang diluncurkan pada 2004 untuk masyarakat yang lebih luas, sedangkan Loop diluncurkan pada 2013 untuk anak muda. Sayangnya, seiring dengan perubahan zaman ke era yang lebih digital, segmentasi tersebut mulai melebur karena yang dibutuhkan oleh semua orang, baik profesional, masyarakat luas maupun anak muda adalah data internet.

Peleburan ini sejatinya telah dilakukan sejak 18 Juni 2021. Tak ada lagi penyebutan simPATI, Loop atau Kartu AS, melainkan satu Telkomsel Prabayar. Sedangkan layanan pascabayar Kartu Halo akan berubah menjadi Telkomsel Halo. Starter pack atau kartu perdana Telkomsel Prabayar maupun Telkomsel Halo pun akan dibuat dengan desain baru.

Nantinya, nomor prefiks yang digunakan pun akan dibedakan baik Prabayar maupun Halo. Jika Telkomsel Prabayar menggunakan prefiks 0812, 0813, 0821, 0822, 0823, 0852, dan 0853, maka Telkomsel Halo menggunakan 0811 dan 0812.

Baca  juga: Setelah 26 Tahun, Telkomsel Ganti Logo

Untuk penggunaan harga, Tuty menyebut jika Telkomsel Prabayar akan menggunakan harga yang berlaku dari simPATI karena dari ketiga produk ini, layanan simPATI memiliki pelanggan paling banyak. Namun begitu Telkomsel telah menyiapkan layanan Internet Max dan Unlimited Max untuk pelanggan Telkomsel Prabayar.

Internet Max dimaksudkan untuk mereka yang suka internetan dengan kuota melimpah.Sementara Unlimited Max hadir untuk internetan, chatting, streaming gim dan aplikasi musik. Pilihan paket yang disediakan mulai dari Combo Sakti, OMG! Nonton, Kuota Ketengan, dan Voucher Internet fisik.

Dipaparkan Vice President Sales and Care Strategy Telkomsel Adhi Putranto, total kartu perdana Telkomsel yang tersedia sekitar 6-7 juta kartu perdana. Adhi berjanji, tidak akan ada penarikan kartu perdana lama yang sudah kadung beredar di pasaran, baik Simpati, Kartu As, maupun Loop.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id