Digilife

Tampilan Instagram Siap Berubah, Ada Opsi Fitur Reels dan Belanja

  • 15 November 2020
  • Bagikan :

    (Foto: dok. Instagram)

    Uzone.id -- Setelah beberapa tahun lamanya, Instagram akhirnya siap mengubah tampilan Home dengan sejumlah perubahan besar. Instagram akhirnya menambah kolom fitur Reels dan Shop.

    “Kami mengumumkan perubahan besar di Instagram, tab Reels dan tab Shop. Kolom Reels akan memudahkan kalian untuk menemukan video pendek nan seru dari para kreator seluruh dunia dan orang-orang sepertimu. Sementara kolom Shop akan memberikan cara lebih baik agar kalian lebih mudah terhubung dengan brand dan kreator, serta menemukan produk yang kalian suka,” tulis Head of Instagram Adam Mosseri di blog resmi perusahaan.

    Biasanya di bagian kolom bawah, kita terbiasa disuguhkan oleh ikon Home, Discovery atau Search, Create atau (+) untuk mengunggah konten di Feed, Love (Likes) untuk melihat notifikasi, dan profil kita. Kini, ada tambahan ikon Reels dan Shop.

    Baca juga: Instagram Diminta Perketat Postingan Endorse, Harus Ada Label Iklan

    Sementara opsi Create dan Likes akan dipindahkan ke bagian atas pojok kanan, dekat kolom Direct Message (DM).

    “Kami tidak melakukan perubahan secara tanggung-tanggung, dan kami sudah lama tidak memperbarui tampilan Instagram besar-besaran dalam waktu lama,” tutur Mosseri.

    Dia melanjutkan, “tapi cara orang-orang membuat dan menikmati budaya telah berubah, dan risiko terbesar Instagram adalah bukan persoalan perubahan yang sangat cepat, tapi ketika kami tidak berubah dan menjadi tidak relevan. Jadi, kami sangat semangat tentang perubahan ini dan percaya akan memberikan penyegaran baru di aplikasi sembari tetap menjadi diri sendiri sesuai nilai kesederhanaan kami.”

    Baca juga: 5 Fitur Instagram yang Terlihat Gak Penting, Tapi Bermanfaat

    Fitur Reels yang sejak awal dikembangkan Instagram untuk menyaingi TikTok begitu terlihat menjadi aspek yang diseriusi oleh perusahaan. Bahkan, fitur Instagram TV (IGTV) yang sudah lebih dulu hadir saja sampai sekarang tidak memiliki khusus, hanya opsi yang berada di kolom Discovery (Pencarian).

    Tampaknya pembaruan tampilan Instagram ini dirilis secara bergilir, sebab belum semua orang mendapatkannya. Kalian sudah?

    }); setTimeout(function(){ $(".modal2").addClass('hilang'); }, 30000);