Target Trafik XL Axiata Naik 20 Persen di Ramadan, Jam Sibuknya Geser!
Uzone.id – Momen bulan Ramadan dan Idul Fitri kerap menjadi fokus khusus bagi optimalisasi jaringan telekomunikasi agar komunikasi masyarakat tetap lancar tanpa hambatan. XL Axiata pun sudah menargetkan lonjakan trafiknya selama Ramadan hingga Idul Fitri tahun ini.
Dari penjelasan Service Operation Management Region Jabodetabek XL Axiata, Okrisimon, tim jaringan perusahaan selalu melakukan antisipasi kenaikan trafik tiap tahun, khususnya di masa Ramadan dan Lebaran.“Kami sudah melakukan planning dari awal sebelum Ramadan. Ada update 4.160 BTS yang kami identifikasikan ada kenaikan trafik. Kami juga membangun mobile BTS di POI [point of interest] yang nanti saat Lebaran akan ramai, terutama tempat wisata. Ada sekitar 622 POI, 90 rest area, 225 objek turis, dan 172 hotspot di mal,” jelasnya kepada awak media di Jakarta, Kamis (14/3).
Ia melanjutkan, “di tahun ini trafiknya ditargetkan naik 12-20 persen. Selama Ramadan khususnya momen Lebaran kami juga akan standby di tempat-tempat wisata dan antisipasi pemadaman listrik berupa mobile genset.”
Lonjakan trafik XL Axiata di momen Ramadan dan Idul Fitri ini diprediksi akan disumbang paling banyak dari daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Barat (NTB).
Trafik XL Axiata, terutama layanan data, diakui Okrisimon selalu mengalami pergeseran tren jam sibuk. Jika di hari biasa trafik XL Axiata selalu peak atau memuncak di kisaran pukul 17.00 sampai 22.00, lain halnya dengan musim Ramadan.
“Ada perbedaan ya untuk momen Ramadan. Busy hour [jam sibuk] kami itu trafiknya berada di jam 3 pagi sampai 9 pagi. Biasanya pelanggan streaming konten, scrolling media sosial,” lanjutnya.
Berbicara media sosial, Okrisimon juga meyakini bahwa aktivitas digital seperti akses media sosial hingga game mobile menjadi kontribusi tertinggi dari kenaikan trafik XL Axiata pada Ramadan dan Idul Fitri tahun ini.
“Aplikasi seperti Facebook, TikTok, Instagram menjadi concern kita untuk antisipasi dan kapasitas servernya juga sudah siap di-upgrade. Pun begitu dengan mobile gaming, jadi salah satu kenaikan trafik besar kami,” tutupnya.
Seperti diketahui, saat ini XL Axiata memiliki pelanggan sebesar 57,5 juta pelanggan, dan diperkuat dengan lebih dari 160 ribu BTS, dengan mayoritas BTS 4G, serta jaringan tulang punggung fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 159 ribu kilometer, menopang jaringan data yang tersebar di sebagian besar kepulauan Indonesia yang sangat luas.
XL Axiata juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai upgrade jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan data seiring dengan terus meningkatnya trafik layanan data.