icon-category Telco

Teknologi 5G Telkomsel yang Diboyong ke Mandalika, dari Robot Sampai Drone

  • 18 Mar 2022 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id – Euforia ajang MotoGP 2022 di Mandalika, Nusa Tenggara Barat turut dilengkapi oleh infrastruktur teknologi agar jalur komunikasi tetap lancar dan berjalan dengan cepat. Telkomsel pun menjadi salah satu operator yang menyelimuti Mandalika dengan jaringan 5G.

    Tak hanya jaringan 5G-nya saja, Telkomsel menggelar area khusus yang diberi nama Showcase 5G Experience sebagai tempat memamerkan berbagai teknologi pintar yang dapat ‘hidup’ berkat kehadiran 5G.

    Pada showcase 5G Experience yang bertempat di area Commercial Mandalika International Street Circuit, pengunjung dapat menikmati secara langsung teknologi digital dari Telkomsel yang mampu membuka peluang lebih luas dalam menghadirkan ragam inovasi di lintas sektor industri Indonesia.

    “Menghadirkan teknologi Hyper 5G di kawasan Mandalika merupakan wujud konsistensi kani dalam memperkuat ekosistem ekonomi digital nasional yang inklusif dan berkelanjutan melalui perluasan implementasi pemanfaatan teknologi terdepan untuk berbagai lintas sektor industri di Indonesia, termasuk mendorong kebangkitan industri pariwisata lokal di NTB,” kata Direktur Network Telkomsel Nugroho.

    Selama gelaran MotoGP 2022 ini, pengunjung juga dapat mencoba berbagai use cases teknologi terbaru yang didukung jaringan Hyper 5G Telkomsel, seperti use case Humanoid Robot.

    Baca juga: Gandeng Angkasa Pura II, Telkomsel Perluas 5G di Soetta

    Bagi yang belum tahu, robot humanoid ini didukung Hyper 5G Telkomsel dan memiliki kemampuan menyerupai manusia.

    Teknologi ini memungkinkan robot untuk melakukan berbagai aktivitas, seperti menyambut dan mengenali wajah tamu/pengunjung, menghibur pengunjung dengan melakukan aksi menari dan menampilkan gerakan tertentu yang menarik.

    Dengan keunggulannya, Humanoid Robot dapat dimanfaatkan untuk berbagai industri seperti hiburan, media, hingga retail.

    Kemudian ada use case Cloud Gaming, yang menghadirkan secara langsung keseruan bermain game balap MotoGP yang dilakukan secara streaming.

    Dengan karakteristik throughput yang lebih tinggi dan latensi yang lebih rendah, Hyper 5G Telkomsel memungkinkan siapa saja untuk dapat memainkan game secara online atau langsung dari server tanpa hambatan.

    Hal tersebut akan membawa perubahan baru di sektor gaming, di mana setiap orang tidak perlu lagi melakukan instalasi game serta tidak harus memiliki perangkat dengan spesifikasi high-end untuk bisa memainkan game dengan grafis tinggi selama ada 5G yang memadai.

    Foto: Telkomsel

    Teknologi 5G juga memungkinkan untuk meningkatkan fungsi dari drone. Jaringan Hyper 5G bukan hanya memiliki karakteristik latensi rendah, melainkan juga kemampuan dalam menyediakan koneksi antar perangkat sensor dan alat komunikasi yang masif, sehingga memungkinkan siapapun dalam memanfaatkan drone untuk berbagai hal, termasuk kebutuhan industri.

    Pemanfaatan tersebut meliputi pengawasan secara real-time, melakukan pengamatan di tempat yang sulit dijangkau, hingga untuk kebutuhan penyelamatan dan pemantauan di situasi darurat.

    Keunggulan itulah yang ditawarkan melalui use case 5G Drone, dimana pengunjung dapat melihat sebuah video demonstrasi penggunaan 5G drone untuk kebutuhan remote surveillance.

    Teknologi telekomunikasi generasi kelima ini juga dapat meningkatkan pengalaman dalam menggunakan virtual reality (VR) untuk beragam kebutuhan.

    Salah satunya ditampilkan pada use case Virtual Reality, yang memungkinkan para pengunjung untuk mencoba menggunakan teknologi tersebut untuk berbagai hal, seperti bermain game online, menggelar rapat, simulasi training dan kolaborasi jarak jauh, hingga menikmati destinasi wisata dan keindahan alam di Labuan Bajo secara virtual.

    Baca juga: Tiba di Mandalika, Quartararo dan Fernandez Beli SIM Card Apa?

    Selain VR, Telkomsel turut menghadirkan pemanfaatan Hyper 5G dalam penerapan teknologi Augmented Reality (AR) melalui use case AR Industrial Work Instruction.

    Melalui use case tersebut, Telkomsel ingin menunjukkan bagaimana teknologi 5G Telkomsel dapat mendukung penerapan AR di sektor industri, seperti aktivitas inspeksi maupun instruksi jarak jauh untuk keperluan pelatihan hingga perawatan dan perbaikan mesin di industri otomotif.

    Pada kesempatan ini, pengunjung dapat merasakan langsung pengalaman penggunaan AR untuk keperluan perbaikan mesin sepeda motor secara virtual yang dilengkapi dengan instruksi secara real-time.

    Terakhir, pada uses case 5G mmWave-Device, Telkomsel berkolaborasi dengan Huawei dan Qualcomm menunjukkan bagaimana jaringan Hyper 5G Telkomsel sudah dapat mendukung optimalisasi berbagai perangkat mobile seperti laptop, smartphone, hingga modem dan router yang menggunakan frekuensi mmWave 26 GHz untuk menghadirkan akses kecepatan tinggi sehingga dapat memberikan 5G experience yang lebih maksimal.

    Pada use case tersebut, pengunjung dapat mengetahui langsung keunggulan Hyper 5G melalui uji kecepatan, bermain game online, hingga streaming video 4K tanpa lag maupun buffering.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini