home ×
Digilife

Teknologi Bisa Bikin Foto Orang Mati Jadi Hidup, Mirip Film Harry Potter

01 March 2021 By
Teknologi Bisa Bikin Foto Orang Mati Jadi Hidup, Mirip Film Harry Potter
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Saat menonton Harry Potter, betapa menakjubkannya ketika kita melihat foto orang yang sudah mati bisa bergerak, tersenyum dan berbicara. Teknologi bisa membuat hal itu terjadi, namanya Deep Nostalgia yang dikembangkan perusahaan Genealogy, MyHeritage. Tapi kalo dibayangkan, ngeri juga.

MyHeritage mengumumkan mereka telah membuat Deep Nostalgia yang memungkinkan foto orang yang sudah tiada berubah menjadi video seolah-olah mereka hidup kembali. Foto tersebut bisa menampilkan orang mati tersenyum, mengedipkan mata, bahkan mengangguk.

Teknologi ini sejatinya diperuntukkan bagi mereka yang ingin mengetahui karakter nenek moyang mereka saat hidup dulu. Melalui gerakan, seolah nenek moyang kita hidup kembali.

harrypotter-1

"Melihat wajah leluhur kita tercinta menjadi hidup, memungkinkan kita membayangkan bagaimana mereka sebenarnya, dan memberikan cara baru yang mendalam untuk terhubung dengan sejarah keluarga kita,"kata pendiri MyHeritage, Gilad Japhet, seperti dikutip dari Japan Today, Senin, 1 Maret 2021.

Deep Nostalgia merupakan hasil kembangan MyHeritage bersama dengan perusahaan Israel. Mereka mengggunakan sistem komputer D-ID, kemudian menggunakan algoritma pembelajaran mendalam untuk menganimasikan gambar dengan ekspresi wajah.

Deep Nostalgie sempat membuat heboh Twitter sejak pekan kemarin karena banyak dari pengguna membagikan gambar animasi dari kerabat mereka yang telah meninggal. Ada juga yang mengubah foto-foto tokoh sejarah, termasuk Albert Einstein dan Ratu Nefertiti Mesir Kuno yang hilang.

Banyak yang terpesona dengan teknologi tersebut, namun tidak sedikit juga yang menggambarkan fitur tersebut sebagai "hal yang menyeramkan" sampai menimbulkan pertanyaan etis karena menjadikan orang mati sebagai obyek.

harrypotter

Ini bukan teknologi pertama yang menghidupkan orang mati ke dalam dunia nyata. Sebelum Deep Nostalgia ada juga teknologi yang menggunakan chatbot untuk memungkinkan orang yang masih hidup mengobrol dengan orang mati. Sebelumnya juga ada virtual reality yang bisa membuat orang mati benar-benar ada di depan mata dalam bentuk hologram.

Tahun lalu, rapper AS Kanye West memberi hadiah kepada istrinya Kim Kardashian sebuah hologram dari mendiang ayahnya yang memberi selamat padanya pada hari ulang tahunnya.

Kontroversi yang muncul akibat Deep Nostalgia membuat MyHeritage pun harus merespons. Dalam situsnya, mereka mengakui jika teknologi ini memang sedikit aneh dan penggunaannya bisa sangat kontroversial. Namun mereka mengaku telah mengantisipasti hal ini untuk mencegah penyalahgunaan.

"Fitur Deep Nostalgia mencakup animasi yang sengaja tak dibekali suara atau ucapan. Karena itu teknologi ini tidak dapat digunakan untuk memalsukan konten atau menyampaikan pesan apa pun," kata Direktur Humas MyHeritage Rafi Mendelsohn.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article