home ×
Auto

Teknologi Helm Pintar Bandara Soeta Penangkal Covid, Pakai Android dan Face Recognition

11 June 2020 By
Teknologi Helm Pintar Bandara Soeta Penangkal Covid, Pakai Android dan Face Recognition
Share
Share
Share

Foto: KCWearable

Uzone.id - Di era new normal, saat kalian ke bandara Soekarno-Hatta pasti bakal ngeliat banyak 'Robocop' seliweran. Paling bikil gagal fokus adalah helm yang digunakan para petugas keamanan bandara tersebut.

Kalau sebelumnya petugas bandara hanya menggunakan alat pengukur suhu tubuh untuk memastikan calon penumpang aman dari corona, kini mereka telah dilengkapi helm pintar atau smart helmet.

Ini bukan helm sembarangan. Bahkan, helm untuk balapan profesional aja kalah mahal. Dengan banderol yang mencapai Rp 95 jutaan, jadi bikin penasaran dong teknologi apa yang terkandung pada helm pintar tersebut.

Baca juga: Dua Versi Toyota Fortuner Terbaru

Ada sejumlah teknologi canggih yang tersemat pada helm tersebut, salah satunya yang paling utama adalah, untuk mendeteksi para penumpang yang selliweran di kawasan bandara Soeta.

Digarap perusahaan China, helm bermerek KCWearable tersebut berjenis half face yang materialnya menggunakan serat karbon, sehingga helm dengan tipe KC N901 itu ringan namun kuat saat digunakan.

Di situs resmi KCWearable, helm pintar tersebut memiliki sejumlah fitur berteknologi canggih layaknya smartphone dan bekerja mengandalkan sistem operasi Android 8.1.

Ada prosesor ARM Cortez A53 octa-core dengan kecepatan 2.5 Gigahertz, dan kapasitas RAM DDR sebesar 4 Gigabyte, serta tempat penyimpanan sebesar 64 GB, dan baterai 5.000 mAh.

Itu baru spesifikasinya. Sementara fiturnya, ada module thermal inframerah dan kamera 13 megapixel untuk memantau manusia dan keadaan sekitar.

Dengan fitur-fitur tersebut, petugas yang memakai helm pintar tersebut bisa mendeteksi suhu tubuh orang dalam jumlah banyak, dan membaca kode QR calon penumpang dari gadget, bahkan punya sistem pengenalan wajah.

Bahkan, helm tersebut dapat mendeteksi panas di ruang gelap sekalipun. Jadi proses pembacaan wajah dan kebutuhan perekaman lainnya, tetap bisa dilakukan meski tanpa cahaya sekalipun. Mirip helm tempur tentara Amerika.

Sayang, harga helm kece dan canggih ini mahal banget ya. Kalau enggak, dijamin helm seperti ini pasti bakal booming. Karena gak sekedar untuk petugas keamanan, para bikers pun bakal tergiur untuk memakai helm canggih ini.

VIDEO Yamaha XSR Review, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

2 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
oki puntoro 17 June 2020 | 07:57:51

teknologinya apa emangnya itu helmnya

Hakim Deku 14 June 2020 | 07:56:17

wou teknologi makin canggih

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id