home ×
Digilife

Teknologi Sekelas Facebook Masih Salah Labeli Orang Kulit Hitam Sebagai “Primata”

06 September 2021 By
Teknologi Sekelas Facebook Masih Salah Labeli Orang Kulit Hitam Sebagai “Primata”
Share
Share
Share
Share

Foto: Thought Catalog/Unsplash

Uzone.id -- Senang atau tidak, Facebook adalah perusahaan teknologi yang selalu mengembangkan kecanggihan dari layanannya, salah satunya AI. Namun, mirisnya teknologi sekelas Facebook saja masih bisa keliru melabeli penggunanya.

Kesalahan teknis yang dialami Facebook belum lama ini melibatkan konten yang berisi warga kulit hitam. Ada sebuah video yang diunggah di Facebook menunjukan pertengkaran yang dialami warga kulit hitam dengan warga kulit putih petugas polisi.

Setelah video itu selesai diputar, ada pesan otomatis muncul dari Facebook bertuliskan “keep seeing videos about Primates”, yang artinya kurang lebih adalah: tonton terus video tentang primata.

Baca juga: Cara Sembunyikan Status Aktif di Facebook Messenger

Kekeliruan dari kecanggihan teknologi Facebook ini langsung menyeruak dan dianggap sangat miris. Tak lama setelah itu, Facebook langsung mematikan fitur AI tersebut agar pesan yang melabeli video berisi orang kulit hitam sebagai hewan primata itu tak lagi muncul.

Mengutip New York Times, Facebook kemudian meminta maaf atas kesalahan fatal tersebut. Perusahaan pimpinan Mark Zuckerberg itu juga mengatakan bahwa pihaknya akan menginvestigasi lebih lanjut kesalahan teknis tersebut agar tidak terjadi lagi.

Baca juga: Misinformasi di Facebook Lebih Tinggi Engagementnya Dibanding Fakta

Juru bicara Facebook menambahkan, perusahaan pada dasarnya telah melakukan peningkatan pada teknologi kecerdasan buatan alias AI-nya, namun memang belum sempurna dan masih banyak hal yang harus diperbarui.

Ini bukan kejadian pertama dari kesalahan label oleh AI. Google pada 2015 juga pernah meminta maaf karena teknologi AI-nya telah melabeli foto dua orang kulit hitam sebagai gorila.

VIDEO: Uzone Talks: Generasi Copy-Paste Modal Googling

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id