icon-category Digilife

Telegram Mulai Siapkan Fitur Premium, Apa Istimewanya?

  • 29 May 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Christian Wiediger/Unsplash

    Uzone.id - Awal kemunculannya, Telegram sangat familiar dengan slogan “Telegram is free forever.” Tapi, sepertinya slogan ini sebentar lagi takkan berlaku lagi.

    Pasalnya, dalam laporan terbaru yang dilansir dari Gizchina, Telegram sedang mengembangkan layanan berbayar bernama Telegram Premium. 

    Dari namanya sih, Telegram bakal menyediakan layanan berbayar dan menyediakan fitur-fitur eksklusif khusus untuk pelanggan Premium, seperti Twitter Blue.

    Baca juga: Dituduh Manipulasi Saham, Elon Musk Dituntut Investor Twitter

    Sebagai clue dari layanan berbayar ini, Telegram sudah menghadirkan stiker dan reaction eksklusif di Telegram versi Beta. Kalau begini, slogan ‘Free Forever’ tak lagi jadi prinsip dari perusahaan.

    Seorang leaker dan juga developer, Alessandro Paluzzi dalam akun Twitternya membagikan versi potensial dari layanan berbayar Telegram. Dalam tangkapan layar ini, Telegram mengatakan kalau mereka menyediakan penyimpanan cloud gratis dan unlimited untuk chat dan media.

    Meskipun tak ada kata-kata berbayar, tapi hal ini bisa jadi ‘jalan’ bagi Telegram untuk mempersiapkan versi berbayar.

    Baca juga: Makin Parno sama China, AS Larang Google dan Apple Lakukan Ini

    Untuk saat ini, belum ada kabar lebih lanjut dan kejelasan mengenai kapan fitur berbayar ini bakal dirilis. Begitupun dengan harga yang akan dibanderol Telegram untuk layanan mereka.

    Namun, Telegram akan jadi aplikasi selanjutnya setelah Twitter yang menghadirkan layanan berbayar. Sebelumnya, WhatsApp juga dikabarkan sedang menyiapkan layanan berbayar untuk akun bisnis.

     

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini