icon-category Digilife

Telegram Premium Dirilis Akhir Juni, Berapa Harga Langganannya?

  • 12 Jun 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Christian Wiediger/Unsplash

    Uzone.id - Beberapa waktu lalu, Telegram digosipkan akan menghadirkan layanan premium di platformnya. Kini, gosip tersebut menjadi kenyataan dan Telegram Premium bakal segera dirilis.

    Dilansir dari Techradar, kabar ini dikonfirmasi langsung oleh sang CEO sekaligus pendiri Telegram, Pavel Durov dalam sebuah pesan resmi di platformnya, Jumat, (10/06/2022) lalu.

    Dari pesan yang dibagikannya, Durov menyebut kalau layanan Telegram Premium akan dirilis pada akhir bulan Juni ini dan menghadirkan fitur-fitur tambahan yang khusus didapat oleh mereka yang berlangganan.

    “Pelanggan Premium juga akan mendapat pengalaman untuk jadi yang pertama merasakan fitur-fitur baru,” tambah Durov dalam tulisannya.

    Baca juga: Telegram Mulai Siapkan Fitur Premium, Apa Istimewanya?

    Fitur eksklusif ini termasuk mengirim dokumen dalam ukuran yang lebih besar, meningkatkan kecepatan aplikasi dan fitur baru lainnya.

    Dalam bocoran lainnya, fitur-fitur eksklusif tersebut termasuk ukuran unggahan hingga 4GB, avatar animasi, tool manajemen chat baru, lencana (badge) profil, dan konversi suara ke teks.

    Durov cukup blak-blakan soal alasan kehadiran fitur langganan ini. Ia mengatakan kalau Telegram butuh uang sehingga layanan berbayar ini jadi solusi penting bagi mereka.

    Foto: isi pesan dari Pavel Durov soal Telegram Premium (Techradar)

    Selama 9 tahun terakhir, Telegram memang menjadi layanan gratis yang banyak diminati pengguna. Apalagi ketika saingannya, WhatsApp, melakukan beberapa kebijakan yang tak disetujui penggunanya, Telegram hadir menjadi pelabuhan baru.

    Namun, meski diminati, Telegram sadar kalau mereka memang butuh pemasukan. Durov mengungkapkan kalau pengguna mereka terus meminta Telegram untuk menambah lebih banyak fitur.

    Disaat yang sama, perusahaan jadi dilema karena jika ingin nambah banyak fitur, biaya server Telegram bakal jadi unmanagable alias tak terkendali. Malah jika terus dibiarkan, mereka bisa-bisa gulung tikar.

    Lalu hadirlah layanan Premium ini yang jadi bentuk dukungan langsung konsumen pada aplikasi agar terus beroperasi.

    Harga langganannya berapa?

    Sayangnya, Durov masih merahasiakan harga yang bakal mereka pasar untuk layanan premium ini. Tapi, menurut kabar yang dibagikan Android Police, biaya langganannya sebesar USD4,99 atau sekitar Rp72 ribu perbulannya.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini