icon-category Digilife

Telegram Premium Dirilis, Ini Harga Langganan dan Fitur Andalannya

  • 22 Jun 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Logo Telegram (Eyestetix Studio/Unsplash)

    Uzone.id - Telegram Premium resmi dirilis untuk pengguna di seluruh dunia pada Minggu, 19 Juni 2022 lalu. Layanan berlangganan ini menawarkan berbagai fitur eksklusif yang hanya akan didapat oleh pengguna langganan premium.

    Fitur-fitur eksklusif ini termasuk fitur yang mendapatkan permintaan tertinggi dari para pengguna selama beberapa tahun terakhir.

    Dalam pesan yang dibagikan di Telegram beberapa waktu lalu, Durov cukup blak-blakan soal alasan kehadiran fitur langganan ini. Ia mengatakan kalau Telegram butuh uang sehingga layanan berbayar ini jadi solusi penting bagi mereka.

    Baca juga: Telegram Premium Dirilis, Berapa Harga Langganannya?

    “Kontribusi dari para pengguna yang berlangganan Telegram Premium memastikan Telegram dapat terus mendorong pengembangan aplikasi dalam jangka panjang, serta tetap membuat Telegram tersedia secara gratis dengan seluruh fitur-fitur yang sudah ada selama ini,” tulis Telegram dalam keterangan resminya.

    Fitur eksklusif apa saja yang hadir di Telegram Premium?

    Berikut adalah 12 fitur khusus yang hanya hadir bagi pengguna Telegram Premium:

    1. Batas unggahan file lebih besar menjadi 4GB per file, sementara pengguna gratis akan tetap dapat mengunggah file dengan batas maksimal 2GB per file.
    2. Fitur mengunduh media dan file dengan kecepatan unduhan maksimal.
    3. Peningkatan batasan akses bagi pengguna Telegram Premium, termasuk di antaranya batas untuk mengikuti channel sebanyak 1.000 channel, membuat 20 chat folder dengan masing-masing 200 chat, memiliki empat akun untuk satu aplikasi Telegram, melakukan pin 10 chat, dan 10 stiker favorit.
    4. Melakukan transkripsi atau konversi dari pesan suara menjadi teks, untuk pesan suara yang diterima.
    5. Berbagai stiker unik, termasuk stiker dengan animasi sepenuh layar yang akan diperbarui setiap bulannya oleh Telegram.
    6. Berbagai reaksi premium unik dengan lebih dari 10 emoji baru.
    7. Pengelolaan chat yang lebih mudah, termasuk pengaturan chat folder (dapat menggunakan folder standar atau folder yang telah dikustomisasi).
    8. Berbagai pengaturan baru pada menu Privasi dan Keamanan, termasuk secara otomatis mengarsipkan dan menyenyapkan (mute) pesan baru.
    9. Pengguna Premium bisa memasang video sebagai foto profil beranimasi. Video profil ini bisa dilihat semua pengguna.
    10. Ada identitas pembeda (special badge) sebagai anggota Telegram Premium, badge ini muncul di sebelah nama pengguna dan muncul di seluruh interface aplikasi.
    11. Berbagai ikon unik yang dapat dipilih oleh pengguna untuk home screen pada perangkat pintar pengguna.
    12. Tidak ada iklan dan pesan sponsor (sponsored message) pada kanal-kanal yang ada.

    Harga langganannya berapa?

    Telegram Premium sudah hadir dengan versi terbaru Telegram versi 8.8 di iOS, Android, macOS, dan Windows. Untuk menikmati keistimewaan dan fitur eksklusif, pengguna dapat berlangganan Telegram Premium dengan biaya sebesar Rp73.000 hingga Rp79.000 per bulannya.

    Fitur baru bagi pengguna Telegram gratis

    Tak hanya memanjakan pengguna berbayar saja, Telegram juga memberikan fitur-fitur baru yang bisa digunakan oleh pengguna non premium.

    Beberapa diantaranya, join request untuk grup publik, tampilan animasi yang menunjukkan progres saat berbagi file dari aplikasi lain ke Telegram (external sharing), deskripsi yang lebih jelas untuk bot, dan lain-lain.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini