icon-category Startup

Telkomsel Buka Peluang Kolaborasi Startup dan Investor di T-Connext

  • 22 Sep 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Pagelaran Telkomsel T-Connext, Rabu, (21/09)

    Uzone.id - Telkomsel terus menghadirkan berbagai program untuk mendukung keberlangsungan ekosistem digital termasuk startup di Indonesia. Salah satunya melalui T-Connext, sebuah program yang menghubungkan ekosistem digital produk Telkomsel dan portofolio inovasi serta investasinya dengan para pelaku ekosistem.

    Program ini dinilai dapat memaksimalkan penciptaan nilai tambah yang akan menguntungkan ekosistem secara keseluruhan.  

    Acara utama T-Connext sendiri telah digelar pada Rabu, (21/09) di Jakarta dengan 4 aktivitas yaitu Exhibition dan Showcase, Launching Ceremony, Mini Talk Show, dan Networking Session.

    Exhibition & Showcase merupakan booth yang menampilkan beragam solusi dari startup dan portofolio bisnis digital Telkomsel. SedangkanLaunching Ceremony sebagai simbolisasi komitmen Telkomsel, investor, dan startup untuk tumbuh bersama.

    Baca juga: NextDev 2022 Kembali Digelar, Perdana Hadirkan Program bagi Startup Gaming

    Di Mini Talk Show, Telkomsel menghadirkan para praktisi di industri digital untuk memberikan pandangan mengenai peluang pasar investasi Indonesia. VIP Networking Session yang menjadi sarana bagi startup, portfolio, dan investor untuk bertemu secara langsung dan menggali potensi kolaborasi.

    "Telkomsel menumbuhkan sebuah ekosistem digital dimana perusahaan mengelola portfolio inovasi dan investasinya melalui beberapa inisiatif dan program. Sebuah ekosistem digital berarti kita berbicara tentang program inovasi dan lebih dari 50 solusi digital untuk segmen pelanggan ritel dan enterprise lintas sektor,” kata Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam, Rabu (21/09).

    “Untuk mendukung akselerasi pertumbuhan dan inovasi, kami menciptakan Tinc, sebuah program akselerator bagi semua jenis solusi digital,” tambahnya.

    Telkomsel juga berinvestasi pada founder yang ikonik dengan visi yang luar biasa dan mengincar pasar yang besar melalui TMI, corporate venture Telkomsel. Anak usaha lainnya seperti INDICO juga membantu Telkomsel untuk menciptakan flywheel effect dari inovasi-inovasi yang akan mengakselerasi ekonomi digital Indonesia. 

    “Kini dengan ekosistem digitalnya yang semakin meluas di luar bisnis konektivitas telko konvensional, Telkomsel hadir untuk menghubungkan seluruh pelaku di dalamnya untuk menciptakan kolaborasi strategis melalui T-Connext," tambah Hendri. 

    Mengusung tema 'Get Connected to A World of More', aktivitas ini dihadirkan untuk pembangunan jejaring dan komunitas, peningkatan kapasitas, dan memfasilitasi penciptaan nilai tambah dalam ekosistem, bertindak sebagai wadah untuk membangun koneksi dan menumbuhkan bisnis digital ke tingkatan selanjutnya. 

    Beberapa startup yang ikut serta dalam pagelaran ini adalah Feedloop, Klik Daily, Bizhare, Kecilin, Shinta VR, sekolah.mu, Kuncie, Telkomsel DigiAds, LinkAja, dan tSurvey.id. 

    Untuk investornya, T-Connext mendatangkan Telkomsel Mitra Inovasi, Singtel Innov8, MDI Ventures, AC Ventures, Alpha JWC, East Ventures, Finch Capital, Indigo Capital, Indogen Capital, Insignia Ventures, Intudo Ventures, Kejora Capital, Vertex Ventures, sampai Venturra Discovery. 

    Sebelum acara utama, Telkomsel juga menghadirkan Pre-Event Webinar pada Selasa (20/09) sebagai wadah pertemuan dan berbagi informasi bagi khalayak luas tentang ekosistem digital Telkomsel yang terbagi dalam 2 sesi.

    Sesi pertama dihadiri General Manager Data Solutions Product Telkomsel, Aulia Rahma Amin dan Chief Data Officer Kredivo, Paramananda Budi Setyawan. Sesi ini membahas mengenai memahami bagaimana cara mengolah data menjadi insights yang berarti, hingga dapat mempersembahkan solusi yang sesuai dengan pola dan perilaku pelanggan.

    Baca juga: Platform Bridestory Semakin Ramai Dikunjungi Para Calon Pengantin

    Sesi kedua dihadiri oleh CEO Telkomsel Mitra Inovasi (TMI), Mia Melinda dan CEO Kuncie, Mario Nicolas yang membahas topik yang bertajuk 'Leveraging Flywheel Effect to Grow your Startup'. Topik ini membahas bagaimana memanfaatkan flywheel effect dan kombinasi beberapa elemen bisnis, yang jika diselaraskan dapat membangun dan memperkuat momentum kesuksesan perusahaan. 

    “Melalui perhelatan ini, kami berharap unit bisnis Telkomsel, portfolio inovasi dan investasi kami, dan para investor mampu mengoptimalkan peluang-peluang yang tercipta untuk berkolaborasi, menciptakan nilai tambah bagi ekosistem digital melalui inovasi yang berkelanjutan hingga masa mendatang.” tutup Hendri. 

    Rangkaian acara T-Connext ini adalah sebuah bukti nyata Telkomsel yang terus berkomitmen dalam mengembangkan ekosistem digital yang inklusif. 

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini