icon-category Telco

Telkomsel dan Huawei Berencana Kembangkan Kota Berbasis 5G

Uzone.id - Huawei dan Telkomsel mengumumkan kerja sama strategis untuk mengembangkan sebuah kota berbasis teknologi 5G atau disebut ‘5G City’, Lewat kolaborasi ini, kedua perusahaan akan menyelenggarakan riset, verifikasi dan peluncuran teknologi serta aplikasi berbasis 5G yang menciptakan pengalaman yang maksimal bagi pengguna.

Tak hanya itu, Huawei dan Telkomsel berkomitmen untuk meningkatkan efisiensi energi serta mengeksplorasi berbagai nilai tambah yang dapat ditawarkan teknologi internet generasi kelima bagi bisnis.

Kerja sama ini ditandai dengan nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangani oleh Chief Technology Officer (CTO) Telkomsel, Nugroho dan Account Director Huawei untuk Telkomsel, Wang Xu.

Nugroho menjelaskan, kolaborasi Telkomsel dan Huawei sebagai salah satu mitra yang strategis akan mendorong penguatan ekosistem layanan berbasis teknologi 5G untuk berbagai sektor, termasuk pengembangan smart city.

Baca juga: Steam, Epic Games, Origin dkk Resmi Diblokir Kominfo

Lebih lanjut, pada fase konstruksi 5G secara strategis, Telkomsel meyakini bahwa inovasi bersama yang dijalin Huawei akan mendorong verifikasi dan implementasi solusi teknologi nirkabel (wireless) di Indonesia secepat mungkin.

Selain itu, akselerasi transisi dari 4G menuju 5G bisa dipercepat untuk menghadirkan pengalaman jaringan internet generasi kelima yang prima dan menguntungkan lebih banyak konsumen. 

“Telkomsel bersama seluruh pemangku kepentingan, termasuk Huawei sebagai  salah satu mitra strategis, akan mendorong penguatan ekosistem layanan berbasis teknologi  5G untuk di berbagai sektor, baik itu segmen korporasi, industri, consumer, hingga institusi  pemerintahan, termasuk pengembangan smart city,” jelasnya.

Baca juga: Telkom Digiland 2022, Ketika Pesta Musik dan Teknologi jadi Satu

Di kesempatan yang sama, Wang Xu menyatakan bahwa pihaknya akan terus mendukung Telkomsel dengan memberikan solusi 5G yang berkelas, seperti Massive MIMO. Dengan ini, Telkomsel diharapkan dapat menyediakan konektivitas dan layanan 5G berkualitas tinggi bagi konsumen pribadi ataupun perusahaan.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini