icon-category Digilife

Ternyata, Ibu Rumah Tangga Lebih Eksis di Medsos Dibanding PNS

  • 12 Jul 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi foto: Alexander Dummer @4dgraphic/Unsplash

    Uzone.id - Pengguna internet di Indonesia makin meningkat dari tahun ke tahun, di tahun 2021-2022 saja, persentase penetrasi internet di Indonesia mencapai 77,02 persen dari total seluruh penduduk Indonesia.

    APJII atau Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia mencatat kalau pengguna internet Indonesia berjumlah 210 juta orang dari seluruh wilayah. 

    Dari survei terbaru yang dikeluarkan APJII pada bulan Juni lalu, pengguna paling banyak berasal dari rentang usia 35 hingga 54 tahun dengan kontribusi 27,68 persen. Sedangkan hampir keseluruhan remaja usia 13 hingga 18 tahun sudah menyentuh internet.

    Baca juga: Enjoy Nonton Film Favorit di Netflix dengan Internet IndiHome

    Hal unik lain yang ditemukan APJII adalah sekitar 84,61 persen ibu rumah tangga sudah terhubung dengan internet, mengalahkan profesi pensiunan guru/PNS dengan penetrasi sekitar 70,35 persen.

    Ini menunjukkan kalau ibu rumah tangga juga sering online dan berselancar di Internet dengan berbagai alasan, mulai dari bermain media sosial, chatting online, akses layanan publik dan lainnya. Selain itu, bermain internet juga bisa mengusir rasa jenuh, dan bisa menjadi tempat berbagi informasi yang berhubungan dengan pendidikan anak, keluarga dan lainnya.

    Dalam survei yang sama, ada beberapa alasan mengapa masyarakat Indonesia menggunakan internet, dan alasan yang paling banyak dipilih adalah untuk mengakses media sosial, termasuk Facebook, WhatsApp, Telegram, Line, Twitter, Instagram, YouTube dan lainnya.

    Sedangkan alasan selanjutnya adalah untuk bekerja dan bersekolah dari rumah, mengakses informasi dan berita, mengakses layanan publik, menggunakan email, melakukan transaksi online, mengakses konten hiburan (Game, TV, Radio dan lainnya), transportasi online, serta mengakses layanan keuangan.

    Sementara itu, tingginya penetrasi pengguna internet di kalangan ibu rumah tangga juga menunjukkan kalau ibu rumah tangga, khususnya ibu rumah tangga muda melek terhadap internet dan tren yang ada saat ini.

    Ada beberapa hal yang membuat para ibu ini menggunakan internet, 3 diantaranya adalah media sosial, chatting dan juga online shopping atau belanja online.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini