icon-category Digilife

Ternyata Sidang Isbat Bikin Netizen Ingat Punya TV di Rumah

  • 01 Apr 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi: Unsplash

    Uzone.id – Setiap tahun masyarakat Indonesia menantikan sidang isbat untuk menentukan kapan puasa dimulai dan kapan 1 Syawal alias hari Idul Fitri akan dirayakan. Hidup di era digital seperti sekarang, ternyata momen penantian hasil sidang isbat ini membuat netizen di Indonesia kompak merasakan fungsi televisi.

    Iya, televisi, atau TV. Alat elektronik yang dulunya –apalagi buat milenial yang besar di era 1990an dan awal 2000an– jadi favorit di rumah karena bisa menayangkan berbagai tayangan hiburan. Saking sibuknya dengan urusan pekerjaan dan ‘dunia’ lain di media sosial, TV di rumah bisa dibilang lama-lama berdebu.

    Anak-anak muda nyatanya semakin jarang menyentuh TV, terutama untuk menonton tayangan lokal. Kalaupun nonton TV, biasanya buat menonton tayangan streaming atau on-demand.

    Baca juga: Aplikasi Andalan Biar Gak Kesiangan Sahur Pertama Ramadan

    Fenomena lupa dengan TV di rumah ini pun akhirnya terungkap karena ada sidang isbat yang digelar malam ini, Jumat (1/4).

    Kementerian Agama mengumumkan kalau hasil sidang isbat tersebut menghasilkan bahwa puasa akan jatuh pada 3 April 2022. Tentunya tanpa ada niat April Mop ya, karena tanggal 1 April ini akan segera berakhir dalam hitungan jam.

    Penantian kapan puasa ini pun tetap menghebohkan ranah media sosial seperti Twitter. Pembahasan “isbat” saja mencapai lebih dari 11 ribu twit dan berada di nomor satu Trending Topic wilayah Indonesia.

    Lucunya, banyak yang sempat-sempatnya curcol kalau hasil sidang isbat ini membuat mereka akhirnya menonton TV lagi sejak sekian lama.

    Walaupun tetap saja, banyak netizen yang tetap memanfaatkan Twitter untuk mengetahui hasil sidang isbat hari ini.

    Kalian tim mana? Nonton pengumuman penting seperti sidang isbat dari tayangan di TV atau medsos seperti Twitter?

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini