home ×
Auto

Ternyata Suara Mesin Mobil Dipengaruhi Pilihan Oli

30 September 2021 By
Ternyata Suara Mesin Mobil Dipengaruhi Pilihan Oli
Share
Share
Share
Share

Foto: Mitsubishi

Uzone.id - Untuk orang awam, kadang suara mesin mobil ya begitu-begitu aja. Apalagi kalau masih pakai knalpot standar. Namun, kalau sedikit lebih jeli, mesin mobil punya suara yang beragam.

Keragaman suara mesin tersebut ternyata salah satu bentuk komunikasi mobil terhadap pemiliknya. Artinya, suara tersebut bisa mengindikasikan sesuatu yang sedang terjadi pada mesin tersebut, entah sehat, sakit, atau mengalami masalah.

Dan salah satu faktor yang turut memengaruhi suara mesin mobil adalah pilihan oli mesin yang kita gunakan. Itulah kenapa, ada suara mesin yang halus dan ada yang kasar.

BACA JUGA: Moto Guzzi V7 Stone dan V85 TT Travel Diluncurkan Sekaligus

Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, Rifat Sungkar, mengatakan suara mobil akan terdengar jelas saat kap mesin dibuka. Perhatikan dengan seksama apakah suara mesin normal atau tidak.

"Masing-masing merek memiliki karakter suara mesin berbeda. Kita pun dapat mengenalinya dari suara. Namun, pastinya mobil dalam kondisi baik suara mesinnya akan terdengar halus," ujarnya, dalam Virtual Media Session yang digelar MMKSI.

Yang harus diwaspadai, menurut Rifat, jika berubah suaranya menjadi kasar. Kita bisa langsung mengecek pilihan oli yang dipakai.

"Suara mesin sangat dipengaruhi pemilihan pelumas ada 20-50, 10-40, 20-60 dan sebagainya. Pada zaman sekarang desain mesin mobil sangat kompak, dulu lebar, sekarang lebih tinggi dan rapat sehingga olinya lebih encer," katanya.

Penting bagi pemilik mobil untuk memakaikan oli sesuai dengan yang direkomendasikan oleh pabrikannya. Karena jika masalahnya kian besar akan merusak mesin hingga tidak bisa dibenarkan lagi.

"Jika salah memilih oli mesin bisa (komponen) baret, bunyi jadi tidak karuan. Jika dibiarkan lebih parah mungkin mesin tidak bisa dibetulkan," papar Rifat.

VIDEO Test Drive Mobil Daihatsu Tercanggih di RI Sepanjang Masa:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id