home ×
Digilife

Tersedia di PlayStore, Begini Isi Aplikasi Pelacak COVID-19 PeduliLindungi

30 March 2020 By
Tersedia di PlayStore, Begini Isi Aplikasi Pelacak COVID-19 PeduliLindungi
Share
Share
Share
Share

(Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina)

Uzone.id -- PeduliLindungi, aplikasi mobile yang dikembangkan PT Telkom Indonesia yang juga merupakan hasil kerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika ini sekarang sudah bisa diunduh secara gratis di Google PlayStore. Seperti apa isi aplikasi ini?

Saat mencari “PeduliLindungi” di PlayStore, langsung muncul opsi pertama, aplikasi dengan warna latar biru. Setelah diklik, pastikan nama pengembang yang tertera adalah PT. Telekomunikasi Indonesia.

Setelah mengunduh, langsung masuk ke aplikasi.

Saat membuka aplikasi, langsung muncul laman perkenalan bahwa aplikasi ini tujuannya untuk mengurangi penularan virus corona alias COVID-19, dengan cara pengguna mendaftarkan diri menjadi partisipan seperti halnya sign-up ke aplikasi mobile pada umumnya. Semuanya menggunakan bahasa Indonesia.

Baca juga: Zoom Bantah Bagi Informasi ke Facebook

Pengguna bisa klik “Jadi Partisipan”, lalu nanti langsung diarahkan ke laman pendaftaran diri hanya dengan memasukkan nama dan nomor telepon untuk dikirimkan OTP.

(Foto: Uzone.id/Hani Nur Fajrina)

Setelah OTP diterima, masukkan nomor tersebut, lalu voila! Kita sudah resmi menjadi pengguna PeduliLindungi. Sebelum itu, aplikasi memberi pemberitahuan bahwa PeduliLindungi tetap membutuhkan data nomor telepon untuk kepentingan keamanan.

Kami memerlukan data Anda agar kami dapat segera menghubungi Anda jika ditemukan ada riwayat kontak dengan seseorang yang terinfeksi corona (COVID-19),” begitu isi tulisan tersebut.

Baca juga: Donasi dari Jack Ma untuk Penanganan COVID-19 di Indonesia Sudah Tiba

Setelah pengguna setuju, PeduliLindungi kemudian akan mengarahkan kita agar mengaktifkan koneksi Bluetooth sebagai alat pendeteksi sinyal. Setelah dinyalakan, aplikasi akan memperlihatkan Beranda dari aplikasi yang tampilannya sederhana.

Pastikan PeduliLindungi aktif saat Anda bepergian dan berada di fasilitas umum seperti di bus, kereta, saat rapat atau di pusat keramaian,” begitu instruksi dari PeduliLindungi.

Di bawahnya, ada 3 hal yang dapat diperhatikan:

  • Agar baterai tidak cepat habis, aktifkan mode Power Saving -- imbauan agar pengguna tidak boros baterai ponsel selama membuka aplikasi jika sedang bepergian akibat koneksi Bluetooth harus tetap menyala.
  • Ajak teman dan keluarga berpartisipasi yuk! -- opsi untuk membagikan aplikasi ini melalui Twitter, SMS, Gmail, hingga WhatsApp ke orang-orang terdekat agar turut menjadi partisipan.
  • Pelajari lebih lanjut tentang PeduliLindungi -- berisi FAQ terkait cara kerja aplikasi, privasi, hingga informasi umum seputar pencegahan virus corona.
(Uzone.id/Hani Nur Fajrina)

Pada dasarnya, penggunaan PeduliLindungi sangat praktis. Pengguna harus memastikan aplikasi selalu dalam terbuka agar terus berfungsi, khususnya ketika sedang keluar rumah agar PeduliLindungi bisa menjalankan perannya dalam melacak sinyal sesama pengguna, apalagi mereka yang positif COVID-19.

Sebagai rangkuman, berikut langkah mendaftarkan diri di PeduliLindungi:

  1. Buka Google PlayStore > cari “PeduliLindungi” > download/unduh aplikasi
  2. Buka aplikasi > klik Jadi Partisipan > masukkan nama dan nomor telepon > klik Kirim OTP > masukkan OTP
  3. Diarahkan ke laman T&C mengenai data nomor telepon yang akan disimpan > Klik Saya Setuju
  4. Nyalakan Bluetooth > klik Menuju Beranda
  5. Selamat datang di PeduliLindungi

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

3 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
DimasHardstyle 17 April 2020 | 20:32:32

aplikasi yang bermanfaat untuk semua orang

DHStyle 15 April 2020 | 07:12:19

aplikasi yang bermanfaat untuk semua orang nih. semoga sukses

Alex Aprilio 04 April 2020 | 20:11:43

aplikasi wajib di miliki oleh semua orang untuk informasi

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article