icon-category Gadget

Tes Gaming Samsung Galaxy M33 5G: Kerepotan Main Game AAA

Samsung Galaxy M33 5G untuk bermain game (Foto: Uzone.id)

Uzone.id - Banyak sekali genre dan tipe game di Android sekarang ini. Mulai dari FPS, MOBA, battle royale, bahkan hingga open world pun ada di Android.

Beberapa di antaranya bahkan mengusung grafis kelas AAA yang mendekati kualitas game PC. Hanya saja, game-game tersebut membutuhkan resource yang besar agar dapat dimainkan dengan lancar di smartphone.

Melihat potensi game mobile yang besar, beberapa brand masa kini silih berganti merilis ponsel dengan fitur, spesifikasi, dan kemampuan gaming yang bagus di masing-masing kelasnya.

Samsung salah satunya. Sejak lama brand asal Korea Selatan itu membawa smartphone lintas segmen dengan fitur bernama Game Booster. Fitur ini membantu dapur pacu untuk memberikan performa terbaiknya untuk kelancaran gaming pengguna.

Samsung Galaxy M33 5G yang kami jajal pun mengusung fitur tersebut. Dipadukan dengan spesifikasi yang ciamik, ponsel ini memberikan pengalaman gaming yang cukup baik, setidaknya berdasarkan pengukuran yang kami lakukan.

Samsung Galaxy M33 5G memanglah masuk ke kelas menengah. Namun spesifikasi yang diangkatnya merupakan turunan dari ponsel flagship Samsung yang ada.

Baca juga: Samsung Galaxy M33 5G vs Samsung Galaxy M53 5G

Satu di antaranya adalah layar. Layar LCD seluas 6,6 inci yang diusungnya mendukung refresh rate sampai 120Hz. Refresh rate ini bersifat adaptif, walau tak secanggih Samsung Galaxy S22 Ultra yang punya rentang 1Hz - 120Hz.

Kecepatan refresh-nya cuma 60Hz dan 120Hz saja yang akan diset otomatis sesuai kebutuhan dan dukungan aplikasi/game yang dijalankan.

Hadirnya fitur refresh rate ini berkat kemampuan prosesor Exynos 1280 terbaru. Prosesor berarsitektur 5nm ini di atas kertas mampu menopang ponsel dengan layar 120Hz dan beresolusi Full HD+.

Adapun untuk spesifikasi Exynos 1280, prosesor 64-bit yang sudah mendukung jaringan 5G ini memiliki dua kluster CPU yang terdiri dari 2-core Cortex-A78 dengan clock speed 2.4Ghz dan 6-core Cortex-A55 pada kecepatan 2.0GHz.

Chipset tersebut dibantu dengan RAM hingga 8 GB yang bisa ditambah dengan RAM virtual, memori penyimpanan 128 GB, serta baterai 5.000 mAh dengan dukungan fast charging 25W. Lantas, bagaimana kemampuan gaming Samsung Galaxy M33 5G? Berikut ulasan lengkapnya.

Tes Gaming Samsung Galaxy M33 5G

Dalam menguji kemampuan gaming Samsung Galaxy M33 5G, kami menggunakan 4 game beda genre dengan kualitas grafis beragam. Ada Stumble Guys, Real Racing 3, PUBG Mobile, dan Marvel Future Revolution.

Saat bermain, kami mengatur kualitas layar di refresh rate Adaptive alias pengaturan tertinggi. Seluruh game juga dimasukkan ke dalam daftar Game Booster agar lebih mantap pengalaman gaming-nya.

Game Booster sendiri adalah fitur gaming bawaan yang terdapat di One UI 4 berbasis Android 12. Game Booster melacak pola permainan penggunaan untuk mengoptimalkan masa pakai baterai, suhu, dan memori perangkat.

Fitur ini juga memblokir aktivitas dan notifikasi di latar belakang sehingga pengguna tak akan terganggu saat bermain game mobile favorit mereka.

Game pertama yang kami jajal di tes gaming Samsung Galaxy M33 5G adalah Stumble Guys. Permainan ini punya gameplay yang mirip game Fall Guys di konsol dan PC.

Stumble Guys bisa dimainkan pada 120Hz

Jenisnya game online. Pemain wajib mengalahkan pemain lainnya untuk masuk ke zona aman demi maju ke babak selanjutnya.

Di Samsung Galaxy M33 5G, game ini dapat ditampilkan pada FPS tertinggi dengan refresh rate 120Hz yang aktif. Permainan yang kami jalani begitu lancar tanpa kendala yang berarti. Ponsel pun seolah tak kewalahan, semuanya berjalan dengan maksimal.

Baca juga: Tes Baterai Samsung Galaxy M33 5G

Naik level ke game yang lebih berat, yakni Real Racing 3. Game besutan EA ini juga dapat ditampilkan pada FPS tinggi dengan refresh rate 120Hz yang turut aktif. Kami mengapresiasi kemampuan gaming Samsung Galaxy M33 5G, karena game grafis tinggi seperti Real Racing 3 pun bisa dimainkan pada kecepatan refresh tercepat.

Real Racing 3 pada 120Hz

Adapun untuk dua game AAA lainnya yang kami coba mainkan lebih berat dari sebelumnya, yakni PUBG Mobile dan Marvel Future Revolution. Kedua game ini lumayan membuat Galaxy M33 5G kerepotan.

Saat bermain kedua game tersebut selama kurang lebih 10 - 15 menit, kerap terjadi frame rate drop hingga tampilan game cenderung patah-patah. Apalagi, saat banyaknya objek yang tampil dalam satu frame, Samsung Galaxy M33 5G benar-benar kelihatan keteteran.

PUBG Mobile
Marvel Future Revolution

Refresh rate yang tayang di layar juga terbatas sampai 60Hz saja. Secara overall, kedua game bisa dimainkan di grafis kelas menengah. PUBG Mobile maksimal dapat dimainkan di grafis HD-High, sementara Marvel Future Revolution bisa ditampilkan pada grafis Medium yang telah direkomendasikan secara otomatis oleh sistem.

Ada beberapa catatan dari kami untuk Samsung Galaxy M33 5G. Secara visual, smartphone ini mampu menyuguhkan kualitas warna dan detail game yang cukup baik. Refresh rate pun berfungsi sebagaimana mestinya.

Samsung Galaxy M33 5G memang bukan diplot sebagai ponsel gaming di kelas menengah. Kendati begitu, smartphone ini sudah cukup andal untuk mendukung kegiatan gaming para pengguna.

Tapi tetap saja, Anda sebagai pengguna harus menahan diri. Ponsel terbaru Samsung ini belum bisa berbuat banyak untuk bermain game berat di Android, seperti Genshin Impact misalnya. Kekurangannya, speaker smartphone ini tidak stereo. Jadi keluaran audionya terasa kurang nendang.

VIDEO COMPARE:

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini