icon-category Auto

Test Drive Chery Tiggo 8 Pro: Seperti Ini Seharusnya Sebuah SUV!

  • 22 Oct 2022 WIB
  • Bagikan :
    Foto: Chery Indonesia

    Uzone.id - Apa yang kalian dambakan dari sebuah SUV? Berbadan bongsor, durabilitas mumpuni, tenaganya mantap, dan fitur-fiturnya canggih. Nah, semua list tersebut hampir 100 persen terpenuhi pada sosok Chery Tiggo 8 Pro.

    Kami berkesempatan melakukan test drive Chery Tiggo 8 Pro selama tiga hari, dengan rute Jakarta - Bandung - Jakarta. 

    Berbagai medan jalan pun berhasil kami hadapi tanpa kendala berarti, yang malah membuat kami kagum dan tidak percaya, apa iya ini sebuah SUV yang dibuat oleh Chery?

    BACA JUGA: Spesifikasi Mesin Chery Tiggo 8 Pro

    Tampang mewah dan sporty

    Chery cukup berhasil menampilkan sosok sebuah SUV yang ganteng dan sporty pada Tiggo 8 Pro. Tidak perlu jadi lebay Tiggo 8 Pro punya tampilan yang pas dan enak dilihat oleh mata.

    Mulai dari bagian depannya, dimana nuansa kemewahan pada grill berpadu dengan desain sepasang lampu utama yang futuristis, serta desain bumper dan foglamp yang sporty.

    Kami suka sekali melihat tampilan mobil ini, baik dari jauh, atau dari dekat. Apalagi kalau warnanya juga hitam, makin membuat nuansa maskulin pada mobil ini begitu kental.

    Interior yang diklaim first class

    Apakah sembarangan ketika Chery mengatakan, kabin dari Tiggo 8 Pro berkonsep first class layaknya kabin pesawat. Menawarkan nuansa kemewahan yang berpadu dengan kesan futuristis.

    Kami suka tampilan dasbornya yang terlihat berkelas dan canggih, dengan MID besar dan tampilannya jernih, serta head unit 10 inci lebih yang responsif, bening dan punya fitur lengkap, termasuk konektifitas Apple CarPlay dan Android Auto. 

    Gak lupa, selain berbagai pengaturan tersedia di head unit ini, fitur berfaedah lainnya adalah kamera 360 yang berguna banget ketika menggunakan mobil ini di keseharian.

    Di bawah layar sentuh head unit, tersedia lagi layar yang juga bisa disentuh untuk pengaturan AC, dibalut dengan cover piano black glosy sampai ke konsul tengah.

    Bagian ini yang terasa sangat mewah dan mahal, juga begitu futuristis. Di bagian bawah konsul tengah, tersedia wireless charging dan tempat penyimpanan.

    Sepasang jok depan dari Tiggo 8 Pro ini juga unik. Layaknya kursi pesawat, sandaran kepalanya bisa di atur agar pas dengan kepala. Kulitnya juga halus dan rapi, dengan padanan warna cokelat dan hitam.

    Belum lagi panoramic sunroff di bagian atap yang membuat nuansa kabin Chery Tiggo 8 Pro jadi nyaman sekali.

    Performa buas handling beringas

    Nah, ini bagian yang paling menyenangkan. Chery seolah gak perduli harus menghambur-hamburkan tenaga besar yang diproduksi mesin direct injection berkapasitas 2.000cc turbo yang jadi andalan Tiggo 8 Pro.

    Mesin tersebut sanggup menghasilkan tenaga sebesar 250 Hp dan torsinya 390 Nm, disalurkan ke sepasang roda depan melalui transmisi kopling ganda 7 percepatan.

    Dengan limpahan torsi tersebut, jangan heran kalau akselarasinya galak, bahkan kaki kanan kalian harus beradaptasi dulu dengan pedal gasnya.

    Asiknya, dengan transmisi kopling ganda, membuat perpindahan gigi begitu cepat dan halus, mirip dengan karakter transmisi CVT, tapi lebih berisi—sangat berisi.

    Kami sama sekali tidak ada masalah dengan kemampuan performa mesin yang ditawarkan Tiggo 8 Pro. 

    Sudah begitu, tenaga buas tersebut didukung dengan sassis yang pas untuk membuat handling dan peredaman suspensi mobil ini terasa matang dan berkelas.

    Meskipun bongsor, kami seperti sedang membawa sebuah mobil kecil yang kompak, dengan handling yang lincah dan presisi. Respon setir cukup baik, begitu juga dengan rem.

    Penggunaan mesin besar dan turbo ini merupakan langkah berani Chery yang seolah gak mau nanggung dalam menawarkan sebuah kesenangan berkendara.

    BACA JUGA: Suzuki S-Cross Pensiun, Grand Vitara Siap Gantikan

    Fitur melimpah dan canggih

    Chery membekali Tiggo 8 Pro dengan fitur keselamatan kekinian yakni ADAS (advance Driving Assistance System) sehingga mengurangi kekhawatiran soal keselamatan ketika kami menyetirinya.

    Mulai dari blind spot monitoring yang gak hanya di sepasang spion kanan dan kiri, tapi juga di door trim kanan kiri pintu belakang.

    Kemudian yang berfaedah juga ketika kami mencobanya adalah Adaptive Cruise Control. Selain lebih aman, melintas di jalan tol jadi lebih praktis, karena kecepatan mobil bisa menyesuaikan laju mobil di depannya.

    Voice Command-nya juga cukup responsif dan pintar, meski belum berbahasa Indonesia. Tapi, sangat membantu untuk mengoperasikan sejumlah fitur agar tidak mengganggu konsentrasi saat nyetir.

    Kesimpulan: buat yang gak mau nanggung

    Chery sebentar lagi akan resmi meluncurkan Tiggo 8 Pro. Bocoran harganya, aka berada di kisaran Rp550 jutaan. Apakah harga tersebut kemahalan?

    Belum tentu. Menurut kami, Tiggo 8 Pro dibuat untuk orang-orang yang gak mau nanggung, terutama dalam memilih fitur dan performa mesin dari sebuah mobil.

    Kalau kalian bukan kaum mendang-mending, Chery Tiggo 8 Pro layak dipertimbangkan untuk dibawa pulang ke garasi. 

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini