icon-category Auto

Test Drive Chery Tiggo 8 Pro untuk Harian, Superpower First Class!

  • 12 Jan 2023 WIB
Bagikan :
Foto: Uzone.id

Uzone.id - Superpower First Class! Apakah kesimpulan tersebut berlebihan? Hmm, kalian harus mencobanya sendiri untuk benar-benar merasakan bagaimana rasanya sebuah SUV yang punya tenaga super dan juga menawarkan kabin First Class.

Chery Tiggo 8 Pro memang sebuah langkah berani Chery dalam misinya comeback di Indonesia. Kalau hampir semua pabrikan China di Indonesia menawarkan mobil-mobil berharga terjangkau, Chery dengan pedenya langsung menghadirkan SUV kelas atas dengan kisaran harga setengah miliar ini.

Ya, dan kami kini kembali merasakan SUV pabrikan China, Chery Tiggo 8 Pro tipe tertinggi. Kalau sebelumnya kami gunakan untuk keluar kota dan aktifitas liburan, kali ini benar-benar kami rasakan untuk aktifitas harian.

BACA JUGA: Penampakan Chery Omoda 5 Versi Setir Kanan, Siap Dijual?

Rasa penasaran tentu saja muncul untuk mengetahui bagaimana SUV bongsor dengan sodoran mesin bensin, menembus kemacetan dan rute-rute yang gak semuanya luas, pun dengan kondisi jalan yang gak semuanya rata.

Untuk tau lebih lanjut baca terus artikel review ini..

Tampilan Gahar dan Berkelas

Chery Tiggo 8 Pro memang punya tampilan yang cukup matang. Terlihat gahar mulai dari bagian wajahnya yang punya grill besar, sepasang lampu utama yang menyipit, serta bumper yang terlihat serasi dengan keseluruhan wajahnya.

Chery cukup berhasil menampilkan sosok sebuah SUV yang ganteng dan sporty pada Tiggo 8 Pro. Tidak perlu jadi lebay Tiggo 8 Pro punya tampilan yang pas dan enak dilihat oleh mata.

Kami suka sekali melihat tampilan mobil ini, baik dari jauh, atau dari dekat. Apalagi kalau warnanya juga hitam, makin membuat nuansa maskulin pada mobil ini begitu kental.

Kabin First Class

Apakah sembarangan ketika Chery mengatakan, kabin dari Tiggo 8 Pro berkonsep first class layaknya kabin pesawat yang menawarkan nuansa kemewahan yang berpadu dengan kesan futuristis?

Menghadapi kemacetan kawasan Jakarta dengan sodoran tampilan dasbornya yang terlihat berkelas dan canggih, tentu membuat ruwetnya lalu lintas Ibukota jadi kurang terasa.

Banyak hal yang bisa kami nikmati, ada MID besar dan tampilannya jernih, serta head unit 10 inci lebih yang responsif, bening dan punya fitur lengkap, termasuk konektifitas Apple CarPlay dan Android Auto.

Gak lupa, selain berbagai pengaturan tersedia di head unit ini, fitur berfaedah lainnya adalah kamera 360 yang berguna banget ketika menggunakan mobil ini di keseharian. Ya, karena kami tau ini adalah sebuah mobil bongsor.

Di bawah layar sentuh head unit, tersedia lagi layar yang juga bisa disentuh untuk pengaturan AC, dibalut dengan cover piano black glosy sampai ke konsul tengah.

Bagian ini yang terasa sangat mewah dan mahal, juga begitu futuristis. Di bagian bawah konsul tengah, tersedia wireless charging dan tempat penyimpanan.

Sepasang jok depan dari Tiggo 8 Pro ini juga unik. Layaknya kursi pesawat, sandaran kepalanya bisa di atur agar pas dengan kepala. Kulitnya juga halus dan rapi, dengan padanan warna cokelat dan hitam.

Belum lagi panoramic sunroff di bagian atap yang membuat nuansa kabin Chery Tiggo 8 Pro jadi nyaman sekali.

Duduk berlama-lama dibalik kemudinya juga sama sekali gak membuat kita cepat lelah. Pengaturan joknya elektrik dan tersedia memory seat. Mudah untuk mencari posisi yang ergonomis, ditambah setir yang bisa tilt dan telescopic.

Kalaupun ada yang kurang, yakni pada kaca spion tengahnya yang terlalu wide dalam menampilkan kondisi di belakang mobil, kurang realistis, sehingga sedikit sulit memperkirakan jarak di belakang mobil.

Fitur Melimpah, Sampai Gak Hapal Satu persatu

Chery menawarkan begitu banyak sekali fitur-fitur pada Tiggo 8 Pro. Kami jelas gak akan bisa menghafalnya satu-persatu. Tapi setidaknya, ada sejumlah fitur yang kami rasakan faedahnya ketika digunakan untuk harian.

Remote kuncinya cukup pintar dan responsif. Kalian cukup menaruhnya di kantung. Begitu mendekat ke mobil, kalian akan disambut oleh kedipan lampu DLR dan sein di spion sambil membuka secara otomatis, kemudian membuka kunci pintu.

Seolah kalian disambut oleh mobil ini ketika kalian masuk ke kabin. Begitu juga sebaliknya. Setelah keluar dari mobil, tinggalkan saja dan pada jarak sekitar 2 meter mobil akan secara otomatis mengunci dan melipat spion.

Kemudian fitur Adaptive cruise control yang berguna sekali di kondisi jalan tol yang padat merayap. Kaki jadi tidak pegal harus bergantian menginjak pedal rem dan gas, karena mobil secara otomatis mengikuti kecepatan mobil di depannya.

Pengaturan kursi elektrik, wireless charging, kamera 360, panoramic sunroof, dan masih banyak lagi fitur-fitur kecil yang sangat membantu ketika harus mengemudikan mobil ini.

Performa Superpower

Ekspektasi kami tidak akan tinggi-tinggi amat terhadap mesin bensin, apalagi yang digunakan pada sebuah SUV bongsor bukan buatan Eropa. Tapi Chery seolah membalikkan semua anggapan tersebut!

Chery seolah gak perduli harus menghambur-hamburkan tenaga besar yang diproduksi mesin direct injection berkapasitas 2.000cc turbo yang jadi andalan Tiggo 8 Pro.

Mesin tersebut sanggup menghasilkan tenaga sebesar 250 Hp dan torsinya 390 Nm, disalurkan ke sepasang roda depan melalui transmisi kopling ganda 7 percepatan.

Dengan limpahan torsi tersebut, jangan heran kalau akselarasinya galak, bahkan kaki kanan kalian harus beradaptasi dulu dengan pedal gasnya.

Asiknya, dengan transmisi kopling ganda, membuat perpindahan gigi begitu cepat dan halus, mirip dengan karakter transmisi CVT, tapi lebih berisi—sangat berisi.

Meskipun bongsor, kami seperti sedang membawa sebuah mobil kecil yang kompak, dengan handling yang lincah dan presisi. Respon setir cukup baik, begitu juga dengan rem.

Penggunaan mesin besar dan turbo ini merupakan langkah berani Chery yang seolah gak mau nanggung dalam menawarkan sebuah kesenangan berkendara.

Nilai plus lainnya, konsumsi BBM terbilang gak boros-boros amat untuk penggunaan dalam kota yang rata-rata didominasi kemacetan. Pada MID, kami bisa mendapatkan angka 10-12 km perliter.

Boros? Tergantung. Menurut kami, untuk mobil sebesar ini dan mesin sebesar itu, jelas angka ini cukup rasional dan sebanding dengan tenaga yang disediakan dari mesinnya.

Suspensi dan Handling

Mesin boleh buas, kabin nyata mewahnya, ditambah, redaman suspensinya bekerja dengan sangat baik saat mobil di kecepatan rendah, sedang, maupun saat kecepatan tinggi.

Medan jalan bergelombang atau sedikit rusak, sama sekali tidak masalah dan nyaman dilibas oleh SUV ini berkat redaman suspensinya yang empuk dan nyaman.

Namun, kami masih merasa sedikit kewalahan saat harus memaksa mobil ini untuk berakselarasi spontan. Padanan antara setir dan bodi belakangnya seolah kurang kompak dalam melajukan mobil.

Ada beberapa dugaan. Pertama, karena memang ini sebuah SUV yang punya ground clearence tinggi dan setingan setir dengan elektronik power steering khas pabrikan China yang enteng sekali, membuat mobil limbung dan cenderung liar saat diajak berakselarasi.

Kedua, karena memang mungkin tenaga mesinnya yang terlalu besar itu—kami menyebutnya over power—kurang mampu diladeni dengan baik oleh sassis dan setingan kaki-kaki belakangnya.

Tapi kalau kalian mengendarainya dalam kondisi normal, ya sama sekali gak ada masalah yang berarti dan mobil ini sangat nyaman untuk dikemudikan dan fun to drive.

Kesimpulan

Punya mobil besar bermesin bensin untuk digunakan harian, ternyata gak masalah. Malahan, kalian jadi bisa meladeni arogansi para pengguna Pajero Sport, Toyota Fortuner sampai Hyundai Palisade (asal jangan ikut-ikutan arogan aja ya).

Ini adalah sebuah mobil yang gak nanggung dalam menawarkan value, dari sisi tampilan, performa, sampai usungan fitur-fiturnya.

Chery memabnderol Tiggo 8 Pro mulai dari Rp518.500.000 untuk tipe Luxury dan termahal Rp548.500.000 untuk tipe Premium seperti yang kami gunakan.

VIDEO Test Drive Chery Tiggo 8 Pro:

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini