Auto

Test Drive Mobil Daihatsu Tercanggih di RI Sepanjang Masa, Rocky!

  • 23 September 2021
  • Bagikan :

    Foto: Uzone.id

    Uzone.id - Kalau era 90an dulu Daihatsu Rocky identik dengan sesuatu yang tangguh, dimensi kompak, penggerak 4x4 bermesin diesel, maka di era modern seperti sekarang, Daihatsu Rocky bertransformasi menjadi sesuatu yang canggih.

    Menariknya lagi, image Daihatsu yang selalu menjajakan mobil-mpbil dengan harga terjangkau, tidak berubah meskipun Rocky punya segudang fitur-fitur canggih. Mobil ini tetap dijual dengan harga dibawah Rp250 juta.

    Dilahirkan berbarengan dengan saudara kembarnya, Toyota Raize, terlihat Dahatsu berusaha keras untuk membedakan tampilannya dengan saudara kembarnya yang sangat terlihat sporty. Rocky mencoba tampil tangguh seperti masa lalunya.

    BACA JUGA: Moto Guzzi V7 Stone dan V85 TT Travel Diluncurkan Sekaligus

    Namun, tampilan ini yang membuat kami suka meskipun terlihat lebih sederhana dan tidak seagresif saudaranya Toyota Raize. 

     

    Kabin Canggih Tapi Kurang Berkelas

    Masuk ke dalam kabinnya, nuansa kecanggihan juga sudah terlihat seperti layaknya mobil-mobil kekinian. Mulai dari setir yang banyak tombol-tombolnya, layar MID atraktif, sampai layar sentuh yang dibuat floating dan sudah mengusung Apple CarPlay juga Adroid Auto.

    Kami pun suka dengan desain dan kontur joknya. List merah pada sisi-sisinya membuat nuansa kabin jadi lebih sporty dan berkelas. 

    Menariknya, Daihatsu merancang bagian dasboard untuk mengarah ke pengemudi ala mobil-mobil Eropa, untuk memudahkan semua akses yang berurusan dengan mobil. 

    Sayangnya, kami tidak menyukai material plastik yang disodorkan di dalam kabinnya ini. Mulai dari setir, bagian atas dasbor, sampai door trim, yang material plastiknya masih terlihat kurang menunjukkan kelasnya.

     

    Performa Mesin Kecil Turbo

    Kami mendapat Daihatsu Rocky 1.0L CVT A.S.A. Yess, meski mesinnya hanya 1.000cc tiga silinder, tapi sudah disokong turbo. Mesin berkode 1KR-VET ini menghasilkan tenaga 97.9 PS di 6.000 rpm dan torsi 149 Nm di rpm 2.400 sampai 4.000.

    Mesin tersebut berpadu dengan transmisi CVT yang menurut kami cukup baik meladeni kemauan dan kebutuhan mesin. Akselarasi yang dirasakan pun terbilang lembut namun tetap terasa berisi tenaga yang cukup.

    Kami juga salut dengan para insinyur yang merancang mesin tiga silinder ini, karena sama sekali tidak terasa ada getaran khas mesin tiga silinder yang biasanya mengganggu.

    Performa mesinnya menurut kami cukup, bermodal kapasitas hanya 1 liter, jadi tidak kurang maupun tidak berlebih untuk mengajak Rocky berakselarasi. Kita tidak bisa berharap banyak pada performa mesinnya meskipun turbo, namun masih bisa berharap pada konsumsi BBM yang efisien.

     

    Handling Jempolan Berkat DNGA

    Beruntunglah Raize dan Rocky karena sudah menggunkaan platform baru Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Platform ini memungkinkan mobil punya bobot yang lebih ringan, rangka yang lebih rigid, serta tingkat kepresisian yang lebih baik.

    Hasilnya terasa banget saat mengajak mobil ini bermanuver di perkotaan. Rocky jadi punya karakter yang gesit dan lincah meski bergenre SUV. 

    Memang, redaman suspensinya terasa keras saat berjalan pelan di jalan tidak rata, namun menurut kami tidak jadi masalah, untuk mengkompensasikan handling yang mumpuni saat harus berbelok kencang dan menawarkan kestabilan yang cukup baik saat melaju kencang.

    Karakter rangka mobil ini, berpadu dengan feeling dan respon setir yang oke, ditambah sejumlah fitur keselamatan advance, membuat mengendarai Rocky jadi lebih menyenangkan.

     

    Advance Saftey Assist (ASA)

    Teknologi ini bekerja dengan menggunakan sensor dari Stereo Camera yang mendeteksi objek di sekitar mobil, lalu memberikan perintah dan mengontrol mobil jika mobil dalam keadaan berpotensi bahaya. 

    Teknologi A.S.A. dapat membantu mengurangi potensi bahaya ataupun dampak dari kecelakaan pada kendaraan. 

    Hal ini dimungkinkan karena kendaraan Daihatsu yang memiliki teknologi A.S.A. diperlengkapi dengan berbagai fitur keselamatan, beberapa di antaranya adalah fitur Pre Collision Brake dan Lane Departure Warning.

    Pre Collision Brake merupakan fitur yang mampu mencegah benturan dengan mengaktifkan pengereman darurat ketika mendeteksi kendaraan lain pada jarak dan kecepatan tertentu. 

    Dengan demikian, dapat membantu pengendara menghindari atau meminimalkan efek benturan. 

    Sedangkan Lane Departure Warning adalah sistem yang membuat pengemudi dapat lebih terjaga dan terbantu dengan memberi peringatan ketika kendaraan berpindah jalur secara tidak disengaja.

    Perlu diperhatikan bahwa teknologi keselamatan A.S.A. ini hanya memberikan bantuan dalam berkendara, dan bukan merupakan teknologi kemudi otomatis. 

    Dengan begitu, pengemudi tetap memegang penuh kendali terhadap kendaraan dan harus senantiasa berkendara dengan aman, walaupun kendaraan sudah dilengkapi fitur keselamatan yang mumpuni. 

    Kesimpulan: Pas untuk kaum urban sejati

    Apa yang coba ditawarkan Daihatsu melalui Rocky kami rasa sangat pas untuk kaum urban yang menginginkan mobil kompak, tidak besar, mesin kecil dan efisien tapi tetap bertenaga, tampilan yang meyakinkan dan gak malu-maluin, serta sejumlah fitur canggih yang menjadi penunjang keselamatan.

    Dengan jenisnya yang bergenre SUV, membuat Daihatsu Rocky jadi lebih fleksibel untuk melahap berbagai medan jalan di Indonesia yang banyak sekali permukaannya yang tidak baik, juga lebih leluasa mengajak Rocky gak hanya berlari di aspal perkotaan.

    Dan terakhir, yang gak kalah penting, adalah harga jualnya yang terbilang terjangkau. Dengan insentif PPnBM 100 persen yang diperpanjang, Daihatsu menawarkan Rocky masih dibawah Rp250 jutaan.

    VIDEO Test Drive Mobil Daihatsu Tercanggih di RI Sepanjang Masa: