home ×
Telco

Tiga Keunggulan Layanan Video Telekonferensi UMeetMe

23 June 2020 By
Tiga Keunggulan Layanan Video Telekonferensi UMeetMe
Share
Share
Share
Share

Aplikasi UMeetMe (Ranny/Uzone.id)

Uzone.id - Walaupun beberapa daerah sudah melonggarkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), kebutuhan untuk bekerja di rumah tetap diprioritaskan. Rapat virtual pun tetap diperlukan.

Dari beberapa layanan video telekoferensi yang bisa digunakan untuk melakukan pertemuan secara online, UMeetMe, salah satu yang Uzone.id rekomendasikan.

Bukan hanya aplikasi ini besutan dalam negeri yakni PT Telekomunikasi Indonesia atau Telkom, tetapi karena UMeetMe punya sejumlah fitur yang tidak dimiliki oleh layanan video telekonferensi sejenis.

Baca juga: UMeetMe vs Zoom, Mana yang Lebih Hemat?

Apa sajakah itu, berikut Uzone.id rangkum tiga keunggulan UMeetMe:

Mudah Digunakan

Foto: Ranny/Uzone.id

Salah satu alasan layanan video telekoferensi bisa digunakan oleh semua orang adalah, mudah digunakan. Dan UMeetMe itu sangat mudah sekali untuk dipakai. Untuk memulai rapat atau pertemuan, buatlah dulu sebuah ‘ruangan’ yang disebut oleh UMeetMe sebagai ‘Room’.

Untuk membuat ‘Room’ ada banyak cara, bisa dari aplikasi smartphone ataupun browser laptop. Di Android, Aplikasi UMeetMe punya ukuran 30 MB sementara di iOS sebesar 59,9 MB.

Menariknya, bila kalian menggunakan browser tidak perlu lagi untuk menginstal aplikasi di laptop atau komputer. Tidak seperti Zoom yang harus install aplikasi. Sehingga, memori di perangkat pun bisa jauh lebih lega.

Selain tidak perlu install aplikasi, kalian yang membuat pertemuan atau host tidak perlu melakukan login terlebih dahulu. Jadi, siapapun bisa menjadi host.

Kita bisa menciptakan nama Room apa saja dan mengundang siapa saja. Oia, kalau kamu ingin privasi, Room kamu bisa menggunakan password sehingga siapa pun yang ingin bergabung harus memiliki akses masuk.

Jika tidak, siapa saja bisa nyasar ke room kamu dan bergabung dengan pertemuan kita.

Gratis

Selain mudah untuk digunakan dan tersedia untuk sejumlah platform, bagi kamu yang ingin memanfaatkan UMeetMe bisa dipakai secara gratis.

Walaupun gratis, pengguna yang ingin memanfaatkan UMeetMe tidak ada fitur dipangkas, kok. Seperti, jumlah peserta yang mencapai 60 orang, share screen, hingga mengatur kualitas layanan video untuk bertatap muka.

Baca juga: Solusi dari Telkom untuk Sambut New Normal

Selain itu, host bisa melakukan Mute All ke semua partisipan dan mengatur audio dan video partisipan. Sedangkan host dan peserta bisa mengubah tampilan background, mengatur speaker, mic dan kamera, merekam proses meeting, dan juga ada fitur Hands-up (raise hands) untuk peserta yang ingin berinteraksi.

Di UMeetMe juga ada virtual whiteboard, bahkan bisa menampilkan presentasi dalam bentuk animasi PPT.

Tanpa Batas

Tampilan UMeetMe (Foto: Ajeng/Uzone.id)

Selain tidak kena biaya alias gratis, pengguna UMeetMe diberikan kelebihan lain saat menggunakan layanan video telekonferensi. Yakni, tanpa batas waktu.

Sehingga selain gratis, pengguna UMeetMe juga bisa melakukan rapat atau pertemuan online tanpa harus kehabisan waktu.

Ya, bila dibandingkan dengan Zoom, misalnya, untuk pengguna gratis dibatasi dari jumlah peserta dan waktu atau durasi hanya 40 menit untuk menggunakan layanan tersebut.

Belum lagi, soal keamanan, walaupun gratis tapi dibatasi, di Zoom, layanan tersebut belum terjamin keamanan end-to-end enkripsinya.

Sementara di UMeetMe,  keamanan adalah jaminan, karena memiliki kelebihan dari sisi security yang merupakan basic requirement untuk layanan video conference.

Tak akan ada UMeetMe-bombing apalagi kebocoran privasi data. Hal ini dikarenakan layanan UMeetMe sepenuhnya didukung oleh server yang ada di Indonesia sehingga keamanan dan kenyamanan pengguna merupakan prioritas utama.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
oki puntoro 23 June 2020 | 14:17:40

keunguulanya apa emangnya itu

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article