icon-category Digilife

TikTok Bikin Fitur Reminder Tidur untuk Pengguna yang ‘Kecanduan’

  • 09 Jan 2023 WIB
Bagikan :
Ilustrasi foto: Solen Feyissa/Unsplash

Uzone.id – Bermain dan nonton video TikTok memang bikin tercandu-candu. Tak pandang umur, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa banyak menghabiskan waktu untuk scrolling di platform video pendek tersebut.

Main TikTok memang mengasyikan dan bikin mood naik, tapi tak sedikit yang lupa batas waktu sampai-sampai begadang karena banyak video menarik sampai lupa kalau waktu terus berlalu.

Kecanduan bermain TikTok juga masih jadi concern banyak orang, maka dari itu TikTok menghadirkan tool agar penggunanya tahu waktu saat membuka platform mereka.

Dilansir dari Techcrunch, Senin, (09/01), TikTok sedang menguji alat reminder (pengingat) bagi penggunanya ketika waktunya tidur. 

TikTok juga menyertakan opsi untuk mengatur notifikasi selama jam-jam tidur, misalnya selama 7 jam tidur.

Baca juga: Minggir, TikTok Tak Lagi Pegang Tahta Penguasa Internet

Setelah memilih waktu tidur, pengguna akan diingatkan untuk menutup aplikasi saat jam mencapai waktu yang telah ditentukan. TikTok juga akan mematikan notifikasi selama tujuh jam setelah waktu tidur untuk membantu pengguna menghindari gangguan.

Tool reminder ini masih dalam tahap uji coba ke beberapa pengguna tertentu secara global.

Dalam sebuah tangkapan layar, fitur baru ini akan muncul di bawah pengaturan ‘Screen Time’ dalam aplikasi. Pengguna akan melihat opsi ‘Sleep Reminders’ dalam pengaturan tersebut.

Sumber: Watchful.ai (Techcrunch)

Dengan fitur ini, pengguna bisa mengetahui kapan mereka harus tidur dan menutup aplikasi TikTok. Mematikan notifikasi selama waktu tidur juga akan membantu pengguna terhindar untuk terus-terusan membuka aplikasi.

Sebelumnya, TikTok juga meluncurkan tool in-app untuk membantu pengguna mengendalikan waktu yang mereka habiskan di platform. Tool ini akan menyarankan pengguna untuk istirahat sejenak selama 10, 20 hingga 30 menit agar tak lupa waktu saat main TikTok.

Baca juga: Twitter Dihack (Lagi), Ratusan Juta Alamat Email Pengguna Diduga Bocor

Aplikasi ini juga membatasi notifikasi di malam hari untuk akun remaja. Pengguna berusia 13-15 tahun tidak akan menerima notifikasi dari jam 9 malam dan pengguna berusia 16-17 takkan menerima notifikasi mulai pukul 10 malam.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini