home ×
Digilife

TikTok Diam-diam Kumpulkan Data Biometrik, Termasuk Wajah dan Suara

06 June 2021 By
TikTok Diam-diam Kumpulkan Data Biometrik, Termasuk Wajah dan Suara
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi (Foto: Aaro Weiss / Unsplash)

Uzone.id - TikTok diam-diam memperbarui kebijakan privasinya awal pekan ini dengan cara yang memungkinkan perusahaan secara otomatis mengumpulkan data pengguna di Amerika Serikat, termasuk data wajah, sidik jari dan suara.

TikTok menginformasikan bahwa pihaknya "dapat mengumpulkan pengidentifikasi biometrik dan informasi biometrik seperti yang didefinisikan dalam undang-undang AS," termasuk "cetak wajah" dan "cetak suara", dari video yang diunggah pengguna ke platform mereka.

Selain itu, TikTok juga mengatakan bahwa "jika diwajibkan oleh hukum," dia akan mencari "izin apa pun yang diperlukan," sebelum mengumpulkan data itu.

BACA JUGA: Putaran Bumi Lebih Cepat, Waktu 2021 Akan Lebih Pendek

Kebijakan baru ini juga mengklarifikasi bahwa data lain seperti "sifat audio, teks kata-kata yang diucapkan dalam Konten Pengguna Anda", mungkin dikumpulkan secara otomatis.

Ada beberapa alasan TikTok mengumpulkan informasi ini. Salah satunya, tentu saja, periklanan - kebijakan privasi yang diperbarui mengatakan bahwa selain data wajah dan suara, juga bisa mengumpulkan informasi untuk tujuan "seperti mengidentifikasi objek dan pemandangan yang muncul," yang semakin umum di dunia pemasaran.

Hal itu juga bisa menggunakan data berdasarkan suara untuk mengaktifkan fitur teks otomatisnya.

Data terkait wajah dan suara ini muncul dalam kebijakan TikTok terbaru. Perusahaan mencatat "Informasi yang kami kumpulkan secara otomatis" menyiratkan bahwa TikTok mungkin bisa memindahkan data ini tanda disadari oleh pengguna.

Di AS, tiga negara bagian yakni Illinois, Texas dan Washington memiliki perturan eksplisit seputar cara perusahaan bisa mengumpulkan data biometrik, sementara New york mengusulkan undang-undang serupa awal tahun 2021.

Di 47 negara bagian AS tidak punya batasan tersebut, tidak ada yang bisa menghentikan TikTok untuk mengumpulkan data tanpa persetujuan dari pengguna. (Gizmodo)

VIDEO Oppo Band Review - 5 Hal yang Gue Suka dan Gak Suka

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id