home ×
Digilife

TikTok Diblokir India, Instagram Malah ‘Aji Mumpung’

06 July 2020 By
TikTok Diblokir India, Instagram Malah ‘Aji Mumpung’
Share
Share
Share

(Logo Instagram/Ilustrasi: Unsplash)

Uzone.id -- TikTok memang harus gigit jari lantaran aplikasinya diblokir di India. Tapi di balik itu semua, momen ini justru dimanfaatkan oleh Instagram untuk menguji coba fitur tiruan TikTok di India.

Reels, fitur anyar Instagram yang sengaja dikembangkan untuk menyaingi TikTok, kini sedang diuji coba di India. Reels sendiri menawarkan kemampuan edit video durasi 15 detik seperti halnya TikTok.

Menariknya, uji coba Reels di India ini dilakukan sehari setelah pemerintah setempat memblokir TikTok serta 58 aplikasi China lainnya. Secara tidak langsung, Instagram ‘aji mumpung’ di kondisi ini.

Baca juga: Mengenal Reels, Fitur Baru Instagram yang Jiplak TikTok

Mengutip Business Insider, sejumlah pengguna Instagram di india telah menerima fitur Reels ini di aplikasinya. Lantas bagaimana dengan nasib pengguna global, apakah akan kebagian juga?

“Kami berencana untuk menguji coba Reels dalam versi terbaru di beberapa negara lain. Reels menawarkan cara menyenangkan dan kreatif bagi pengguna untuk mengekspresikan diri masing-masing dan juga menjadi sumber hiburan. Kami bersemangat untuk membawa fitur ini ke komunitas global, namun belum ada tanggal pastinya kapan,” ungkap juru bicara Facebook.

(Fitur Reels pada Instagram/dok. Instagram)

Baca juga: Ribut dengan China, India Blokir TikTok, UCBrowser dan WeChat

Seperti diketahui, Reels Instagram sebenarnya sudah dirilis di Brasil pada 2019. Kemudian Instagram mengaku siap untuk memperluas akses Reels di sejumlah negara lain seperti Prancis dan Jerman.

Cara kerja Reels sama seperti halnya satu video Stories, yakni berdurasi 15 detik yang dapat ditambahkan musik dan audio lain. Kurang lebih memang sama seperti TikTok yang identik dengan berbagai macam lagu sebagai latar video.

Selain untuk menyaingi TikTok, hadirnya Reels ini diyakini sebagai ruang tambahan bagi para pengguna yang ingin berkarya dan memamerkan hasil video pendeknya supaya berpotensi viral.

Kisah menarik di balik Reels adalah, awalnya fitur ini hanya akan tersedia di dalam Instagram Stories. Namun, komunitas Instagram mengatakan bahwa mereka menginginkan adanya kemampuan baru agar video Reels dapat dibagikan secara permanen.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

3 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Andar str 10 August 2020 | 11:30:57

Cari kesempatan didalam kesempitan pihak lain

Yumna Prakoso 06 July 2020 | 22:10:49

ya kan mumpung lagi diblokir langsung hajarlah

oki puntoro 06 July 2020 | 19:13:10

aji mumpung gimana itu instagramnya

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article