icon-category Digilife

TikTok Tepis Tuduhan Prioritaskan Promosi Produk China di Platformnya

  • 01 Dec 2023 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Beberapa waktu terakhir, TikTok sempat dikabarkan memprioritaskan konten promosi atau penjualan produk asal negaranya sendiri, yakni China. Produk-produk yang dimaksud adalah baju, perawatan wajah, peralatan rumah tangga, dan lainnya.

Alhasil, TikTok pun dinilai meminimalkan konten produk-produk lokal asal Indonesia tampil di For Your Page (FYP). 

Namun, dalam workshop bertajuk 'Mengulik Lebih Jauh Cara Kerja Algoritma TikTok di Tengah Isu Hangat', Anggini Setiawan, Head of Communications, TikTok Indonesia, menepis tuduhan soal prioritaskan promosi dan penjualan produk asal China di TikTok.

"Algoritma kita tetap berdasarkan user. Misalnya, oh dia sepertinya suka produk baju. Kemudian, ya sudah, di-push segala macam konten yang berproduk, misalnya, fashion ataupun baju. Itu mungkin dan nanti dilihat responsnya user seperti apa," ujar Anggini dalam acara yang digelar pada Jumat (1/12).

Lebih lanjut, Anggini menegaskan bahwa pihaknya tidak memiliki data detail mengenai produk asal negara mana saja yang dipromosikan di TikTok.

Jadi kalau tidak ada labeling-nya, artinya tidak ada informasinya di dalam konten tersebut kan. Jadi kita tidak tahu. Maksudnya dalam kata arti algoritma kita tidak punya informasi mengenai asal-usul produk itu dari mana." imbuhnya.

Ketika ditanya lebih jauh mengenai tanggapan TikTok soal produk skincare dan rumah tangga yang kebanyakan berasal dari China, Anggini pun menjawab tidak pernah menemukan datanya. Ia juga menegaskan kembali bahwa itu semua adalah soal preferensi konten pengguna.

"Itu unfounded kalau menurut kami, ya. Dalam kata arti kan kita tidak pernah melihat secara keseluruhan datanya seperti apa," ungkap Anggini.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini