home ×
Digilife

TikTok, YouTube hingga Roblox Paling Banyak Diminati Anak Indonesia

05 June 2021 By
TikTok, YouTube hingga Roblox Paling Banyak Diminati Anak Indonesia
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi foto: Ist

Uzone.id -- Tumbuh dan kembang anak-anak di zaman sekarang hampir bisa dipastikan akan terpapar teknologi digital. Bahkan dari riset terbaru menunjukan kalau platform populer seperti TikTok sangat diminati anak-anak di Indonesia.

Studi terbaru dari Kaspersky Safe Kids mengungkapkan beberapa hal yang diminati anak-anak sepanjang 2020 sampai 2021. Selama satu tahun belakangan, minat mereka terbagi dalam kategori “perangkat lunak, audio dan video”, “e-commerce”, “media komunikasi internet”, dan “permainan komputer”.

Analisis tersebut berdasarkan data anonim seperti riwayat pencarian, aplikasi Android paling populer, dan kategori situs yang diperoleh secara sukarela oleh para pengguna.

Baca juga: Pria yang Lahirkan TikTok Undur Diri dari CEO

Hasil riset tersebut mengungkap bahwa aplikasi paling populer di kalangan anak-anak di Indonesia adalah YouTube sebanyak 32,99 persen, disusul oleh WhatsApp di angka 21,47 persen, dan TikTok 10,18 persen.

Menariknya, Instagram tidak masuk di urutan tiga besar tersebut. Popularitas TikTok lebih tinggi karena platform tersebut digunakan sebagai metode pembelajaran kreatif di Tanah Air.

Baca juga: Roblox Kembangkan Fitur Rating Demi Batasi Konten Vulgar

Sementara dari segi ketertarikan terhadap game, Roblox menempati urutan paling populer dengan persentase 8,27 persen. Lalu urutan kedua ada Free Fire 5,75 persen dan Mobile Legends: Bang Bang sebesar 2,91 persen.

“Anak-anak modern tumbuh dengan gadget di tangan mereka sejak usia sangat muda, sehingga mereka beradaptasi dengan ruang digital dan menguasai teknologi baru lebih cepat. Tiktok menjadi salah trendsetter utama, dan pada saat yang sama, YouTube tidak kehilangan pijakan dan tetap populer karena banyak variasi video, rekaman video game, dan klip edukatif,” tutur Anna Larkina selaku pakar analisis konten web di Kaspersky dalam pernyataannya yang diterima Uzone.id.

Sementara dari skala global, konten-konten yang paling dicari anak-anak di YouTube biasanya video tren, seperti ‘pop it and simple dimple’ dan ‘ASMR’ yang menyumbang 4,43 persen. Lalu ada juga tren video ‘kreatif’ dan juga konten musik seperti band K-Pop BTS dan Blackpink, hingga Ariana Grande.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id