home ×
Digilife

Pria yang Melahirkan TikTok Mengundurkan Diri Sebagai CEO

22 May 2021 By
Pria yang Melahirkan TikTok Mengundurkan Diri Sebagai CEO
Share
Share
Share
Share

Zhang Yiming (Foto: The Verge)

Uzone.id -  Zhang Yiming, mengumumumkan telah mengundurkan diri sebagai CEO ByteDance, induk perusahaan yang sukses membuat TikTok mendunia.

Yiming sendiri merupakan salah satu pendiri ByteDance pada tahun 2012 dan dikenal sebagai salah satu ‘Bapak TikTok’ karena yang membidani lahirnya aplikasi tersebut.

"Saya khawatir saya masih terlalu mengandalkan ide-ide yang saya miliki sebelum memulai perusahaan, dan tidak menantang diri saya sendiri dengan memperbarui konsep-konsep itu,” tulis Yiming dalam sebuah surat, yang Uzone.id kutip dari The Verge, Sabtu (22/5).

Baca juga: Marak Netizen Hina Palestina, Kominfo Diminta Tegur

“Sebenarnya, saya kekurangan beberapa keterampilan yang membuat manajer ideal. Saya lebih tertarik untuk menganalisis prinsip-prinsip organisasi dan pasar, dan memanfaatkan teori-teori ini untuk mengurangi pekerjaan manajemen, daripada benar-benar mengelola orang. Demikian pula, saya tidak terlalu aktif di sosial, lebih memilih aktivitas lainnya seperti membaca, mendengarkan musik, dan melamun tentang apa yang mungkin dilakukan,” sebutnya.

Posisi CEO ByteDance sendiri nantinya akan diisi sesama pendiri, Liang Rubo.

Yiming menggambarkan Liang sebagai "mitra yang tak ternilai" dan mulai berdiskusi tentang dia yang mengambil alih sebagai CEO ByteDance pada bulan Maret lalu.

Baca juga: Apa Enaknya Jadi Konten Kreator TikTok?

Transisi akan berlangsung selama enam bulan ke depan, dan peran baru Yiming akan fokus pada strategi jangka panjang, budaya perusahaan, dan tanggung jawab sosial.

Pengumuman tersebut menandai perubahan besar bagi kepemimpinan perusahaan ByteDance, tetapi itu seharusnya tidak terlalu memengaruhi operasi sehari-hari TikTok.

Sebab, bulan lalu ByteDance mengumumkan bahwa mantan CFO Xiaomi Chew Shouzi akan mengambil peran sebagai CEO TikTok.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id