icon-category Auto

Tilang ETLE, Polisi Potret Pengendara Sambil Tersenyum

  • 23 Nov 2022 WIB
  • Bagikan :
    Ilustrasi (Foto: TMC Polda Metro Jaya)

    Uzone.id - Tilang manual sudah ditiadakan oleh Polri dan kemudian beralih ke tilang elektronik dengan mengandalkan kamera.

    Kamera yang diandalkan Polri tak cuma kamera CCTV, namun kamera ponsel juga jadi senjata polisi untuk menindak para pelanggar lalu lintas.

    Karena tilang elektronik memakai kamera ponsel ini terbilang baru, maka apa yang dilakukan seorang polisi bernama Iptu Lingga Ramadhani STK SIK terlihat lucu.

    Dengan mengenakan seragam Polisi Lalu Lintas, Lingga ditugaskan di Jalan Pahlawan, Semarang, depan Polda Jawa Tengah untuk memantau ketertiban kendaraan di jalan raya.

    BACA JUGA: Honda Vario 160 Mendarat di Malaysia, Harga Tembus Rp34 Juta

    Dalam sebuah video yang dibagikan akun TikTok teamelanghebatsemarang, Lingga terlihat cekatan menghampiri pengendara sepeda motor yang tidak taat aturan.

    Uniknya, setelah mengambil foto si pelanggar, Lingga begitu santun memberikan salam hormat dan senyuman, alih-alih memberi teguran.

    @teamelanghebatsemarang ETLE NASIONAL PRESISI‼️#satlantaspolrestabessemarang ♬ DJ Digeleng-geleng - DAPA REMIX

    Para pelanggar yang ditampilkan di video terlihat pengendara skutik warna hitam tidak mengenakan helm, dan boncengannya seorang perempuan berhijab juga tanpa helm.

    Pelanggar berikutnya pengendara skutik BeAT warna putih kena tilang ETLE karena pembonceng tidak mengenakan helm. Pelanggar ketiga seorang pengendara dan pembonceng Honda PCX warna abu-abu, sama-sama tanpa helm.

    Dalam video juga diberi keterangan "Bagi pelanggar ETLE, hari Senin surat cinta sudah tiba". Dalam artian, surat tilang akan tiba ke rumah pemilik kendaraan pada hari Senin.

    BACA JUGA: Perjuangan Toyota Fortuner Hadapi Medan Berat Ciptagelar Sukabumi

    Video yang diberi musik latar DJ Digeleng-geleng - Dapa Remix itu sudah mendapat lebih dari 423 ribu tanda suka dan mendapat lebih dari 16 ribu komentar.

    Netizen memberikan reaksi berbeda, namun di antara mereka banyak yang mendukung tilang ETLE seperti yang diperlihatkan Iptu Lingga.

    "Mending kaya gini sih,dari pada tilang langsung yg kadang harus debat dlu kan," tulis massvixi28.

    "Setelah itu surat cinta datang kerumah melalui kantor pos," sambung Ownernya KIMOCHI.

    "Keren caranya santun sekali pak polisi," tulis Pilot Drone/FPV.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini