icon-category Digilife

Tips Hemat Kuota Saat Nonton Netflix

  • 21 Aug 2021 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Nonton film atau drama di platform streaming menjadi salah satu cara menghabiskan waktu di rumah. Apalagi saat pandemi seperti ini, angka pelanggan di platform streaming video meningkat tajam.

    Netflix menjadi salah satu platform yang paling populer saat ini, berbagai tayangan film dan series menarik mampu membuat pelanggan betah berlama-lama menghabiskan waktu dalam layanan streaming tersebut.

    Sayangnya, menonton tayangan terus menerus di platform streaming dapat menghabiskan kuota yang cukup besar. Bagi pengguna data seluler, hal ini pasti bikin khawatir dan takut tagihan membengkak dan kuota bulanan cepat habis.

    Baca juga: Makin Mirip Bioskop, Netflix Tambah Audio Spasial di iOS

    Nah, berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar menonton film dan series di Netflix tidak bikin kuota boros meski dalam waktu yang cukup lama.

    Download video, tonton nanti

    Nah, ini adalah salah satu fitur yang cukup menguntungkan ketika pengguna memiliki kuota malam yang banyak tapi memiliki waktu terbatas atau sedang terhubung ke Wi-Fi unlimited. Dengan fitur ini, kalian bisa mengunduh film terlebih dahulu dan menontonnya nanti.

    Caranya gampang, klik film yang ingin kalian download di Netflix, lalu klik tulisan ‘Download’. Setelah itu proses pengunduhan akan segera dimulai.

    Atur Kualitas Video

    Dengan mengatur kualitas video, itu berarti kalian juga mengatur penggunaan data yang dikeluarkan. Seperti yang sudah diketahui, semakin bagus kualitas sebuah video, maka semakin besar pula kuota yang dipakai, begitupun sebaliknya.

    431787-PE7VBJ-307

    Untuk mengatur penggunaan data, kalian bisa memakai dua cara berikut:

    Buka situs Netflix di browser dan masukkan akun kalian. Pilih profil kalian dan tekan Playback Settings, pilih Data Usage per screen lalu sesuaikan dengan kebutuhan dan klik save.

    Setelah ini, kualitas video yang kalian tonton akan menyesuaikan dengan penggunaan data yang kalian atur. Jadi jangan heran kalau nanti video kalian tidak sejernih yang biasanya.

    Baca juga: Tak Mau Kalah, IndiBox Ingin Jadi 'Netflix'-nya Indonesia

    Untuk pengguna Netflix di ponsel, kalian bisa mengatur pengeluaran data dengan cara masuk ke aplikasi Netflix dan pilih menu More, pilih App Settings, kemudian pilih Cellular Data Usage untuk memilih opsi yang ingin kalian pakai.

    Tips terakhir, kalian bisa memilih provider yang menyediakan kuota khusus aplikasi Netflix. Dengan kuota khusus ini, kuota utama tak akan berkurang dan kalian tak perlu khawatir meski menonton berjam-jam.

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini