home ×
Startup

Tips Memilih CCTV yang Tepat untuk di Rumah dan Kantor

18 February 2021 By
Tips Memilih CCTV yang Tepat untuk di Rumah dan Kantor
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Seiring berkembangnya teknologi pengawasan, sistem CCTV memberikan manfaat yang jauh lebih banyak daripada sekedar keamanan. Hasilnya, memilih sistem yang tepat untuk rumah dan perusahaan kamu bisa memberikan keuntungan yang lebih besar. Makanya butuh tips memilih CCTV agar tak salah pilih.

Dengan banyak pilihan, spesifikasi dan kisaran harga, CCTV kini banyak menawarkan desain dan kemampuannya yang menarik. Kamu bisa memilih kamera pengintai yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu sehingga bisa mengoptimalkan manfaat yang besar.

Untuk kategori penggunaannya, CCTV memiliki dua area fungsi, yakni untuk keamanan kantor ataupun rumah. Dua wilayah yang berbeda itu membuat kriteria CCTV pun tidak sama. CCTV untuk kebutuhan keamanan kantor berbeda dengan kebutuhan rumahan.

Berikut ini 7 poin penting tips memilih CCTV, baik untuk kantor maupun rumah.

  1. Perangkat dan layanan jadi 1

Di Indonesia banyak merek CCTV yang bertebaran. Namun rata-rata, mereka hanya menjual perangkat namun saat sudah berada di tangan pengguna, proses pemasangan dan pelayanan after sales dilepas begitu saja. Padahal untuk mengelola CCTV bukan hal yang mudah. Oleh karena itu dibutuhkan CCTV yang dijual berbarengan dengan layanan pemantauannya. 

Misalnya Indihome Smart Camera. CCTV yang dijajakan Indihome tak hanya sekedar perangkat tapi juga aplikasi dan pemantauan secara rutin. Intinya, IndiHome Smart Camera memberikan solusi bagi  yang membutuhkan keamanan dan kenyamanan, apalagi di masa pandemi seperti ini karena pemantauan bisa langsung dilihat di TV yang sudah berlangganan IndiHome.

  1. Cakupan layanan yang luas

Tips memilih CCTV berikutnya adalah harus berasal dari perusahaan ternama dengan cakupan layanan yang sudah luas dan besar. Sedangkan nama IndiHome tidaklah asing karena merupakan produk buatan perusahaan digital terbesar di Indonesia, Telkom. Jadi tidak heran jika Indihome Smart bisa menjadi CCTV andalan yang bisa memantau keamanan rumah dan kantor secara berkelanjutan. 

Cakupan Indihome sudah cukup luas sehingga Smart Camera mereka tersedia di seluruh Indonesia. Layanan pelanggan untuk aktivasi atau sekadar membicarakan hal teknis pun tersedia 24 jam lewat channel 147.

  1. Cari yang kompatibel dengan Smartphone

Kalau kamu termasuk orang yang selalu bepergian, akan sangat bermanfaat jika sistem CCTV bisa memberikan informasi keamanan langsung ke smartphone kamu. Banyak perusahaan keamanan terkemuka menawarkan streaming rekaman kamera CCTV secara real-time lewat smartphone serta mengirimkan peringatan teks saat keamanan dilanggar. 

Indihome Smart memiliki aplikasi pemantauan yang bisa didownload dari PlayStore. Hal ini akan memudahkan kamu untuk tetap pegang kendali meskipun tidak berada di kantor atau di rumah.

  1. Pilih CCTV dengan fitur kekinian

Ada kamera CCTV yang setelah dipasang cuma memberi pandangan dari sudut atau lokasi, itu disebut kamera statis. Ada juga kamera yang memungkinkan kamu memutarnya dari jarak jauh dan bisa bergerak 360 derajat. Ini disebut kamera pan-tilt-zoom (PTZ). Untuk keamanan tambahan, kamu bisa menambahkan detektor gerakan ke kamera PTZ ini, memerintahkan kamera untuk fokus pada area yang mendeteksi gerakan. 

Kamu bisa mengandalkan CCTV Indihome Smart karena perangkat ini dibekali juga dengan kemampuan angle 360 derajat yang memungkinkan pemantauan keadaan rumah secara menyeluruh. Saat ada gerakan mencurigakan di malam hari, notifikasi akan terkirim dan niat jahat oknum bisa langsung digagalkan.

Yang terpenting, CCTV Indihome ini juga bisa melakukan interaksi dua arah. Fitur ini bisa digunakan untuk menakuti pencuri atau tamu tak diundang sehingga aksi kejahatan tak jadi dilakukan.

  1. Memasang CCTV di dalam atau luar ruangan

Jika kamu ingin meletakkan CCTV di luar ruangan, kamu mungkin ingin memasang CCTV yang tahan lama dan tahan cuaca. Untuk CCTV di iklim tropis, kamu perlu memilih kamera CCTV yang melindungi elektronik dari hujan dan kelembaban.

Biasanya kamera CCTV dipasang dekat pintu masuk, seperti pintu depan atau gerbang. Bisa juga dipasang di dalam rumah. Yang terpenting, jika menggunakan Indihome Smart, semua itu bisa dipantau melalui televisi dan smartphone dalam layanan Indihome.

  1. Kabel atau nirkabel?

Kamera CCTV berkabel dijual dengan harga jauh lebih rendah dibandingkan dengan CCTV nirkabel. Namun, konektivitas berkabel lebih baik karena kabel dihubungkan ke DVR lewat kabel coax. Itu membuatnya lebih andal daripada kamera nirkabel.

Karena portabel, kamera nirkabel bisa mengubah posisinya jika diperlukan. Meski demikian, perlu perawatan dari waktu ke waktu karena dioperasikan dengan baterai. Kamu juga perlu memastikan bahwa bandwidth internet kamu bisa mendukung kamera. Sisi baiknya kamera nirkabel, masih bisa berfungsi saat listrik mati karena memanfaatkan baterai cadangan.

  1. Biaya Perawatan

Biaya perawatan dan pemeliharaan sistem dengan penyedia sistem CCTV biasanya dibanderol dengan mahal. Beberapa penyedia layanan mengenakan biaya bulanan untuk mengelola sistem keamanan kamu dan untuk memastikan bahwa personel darurat tersedia jika terjadi peristiwa yang tidak terduga.

Di Indihome Smart, pelanggan tidak perlu mengeluarkan kocek yang dalam hanya untuk membeli perangkat kamera CCTV. Yang biasanya harga CCTV rumahan dibanderol paling murah sekitar Rp1 jutaan, dengan Indihome Smart, hanya Rp38 ribu per bulan. 

Harga yang cukup terjangkau itu tak hanya tentang perangkat tapi juga pelayanan dan akses untuk memonitor keamanan rumah kapan pun dan di mana pun.

Di masa pandemi, keamanan rumah dan kantor merupakan hal yang penting, namun tidak harus mengeluarkan kocek terlalu dalam untuk menjaga keamanan dalam hidup. Semoga tips memilih CCTV ini berguna.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article