home ×
Digilife

Tips Seru Bikin Konten Video Menarik Pakai Smartphone

03 October 2021 By
Tips Seru Bikin Konten Video Menarik Pakai Smartphone
Share
Share
Share
Share

Ilustrasi foto: Christian Wiediger/Unsplash

Uzone.id - Popularitas platform video pendek di Indonesia terus mengalami peningkatan selama beberapa tahun terakhir. SnackVideo menjadi aplikasi video pendek kedua setelah TikTok yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Dalam acara Media Workshop yang dilaksanakan oleh SnackVideo untuk menyambut Hari Batik Nasional, Jumat, 01/10/2021, Konten kreator sekaligus founder iPhonesia Aries Lukman membagikan kiat-kiat membuat video pendek keren menggunakan smartphone yang ada.

Aries menyebutkan salah satu hal yang membuat orang-orang urung dalam membuat karya video pendek adalah karena mereka tidak percaya diri dengan kemampuan kamera yang dimiliki oleh ponsel mereka.

Baca juga: SnackVideo, Aplikasi Video Pendek yang Lagi Hits di Indonesia

“Handphone kentang atau handphone apapun itu tidak berlaku di dunia saat ini. Handphone yang kalian pegang adalah handphone yang terbaik, kamera yang pegang adalah kamera yang terbaik yang kalian punya,” kata Aries.

Oleh karena itu, Aries membagikan beberapa tips bagi calon-calon content creator yang ingin membuat konten video menggunakan ponsel mereka.

Tentukan tujuan

Dalam karya visual, yang harus dilakukan pertama kali sebelum membuat karya adalah menentukan tujuan dari pembuatan karya video tersebut. Karena dengan mengetahui tujuan, kreator bisa membuat karya yang jauh lebih bermakna.

Terlebih dalam membuat sebuah konten video, dimana video merupakan sebuah kumpulan footage-footage yang nantinya akan digabungkan menjadi satu dan kemudian menjadi sebuah cerita.

Kamera

Kamera merupakan mata dari para audience yang menikmati cerita yang dibuat. Beda dengan fotografi, videografi merupakan gambar yang bergerak. Gerakan kamera video  yang akan membuat audience mengetahui dan menikmati jalan cerita yang mencoba disampaikan oleh kreator.

Pergerakan 

Pergerakan dalam sebuah video merupakan hal yang sangat penting dimana akan menentukan apakah video tersebut dianggap membosankan atau tidak oleh audience. 

Dari tiga hal di atas, ada 4 komponen lainnya yang perlu diperhatikan saat merekam sebuah video.

Pencahayaan 

Menurut Aries, pencahayaan yang baik itu sangat penting. Caranya, posisikan lampu hingga bayangan kita tidak mengganggu subjek yang ingin kita ambil videonya dan perhatikan intensitas cahayanya.

Komposisi

Komposisi yang baik akan membantu kita mengarahkan pandangan dan atensi penonton. Caranya, perhatikan penempatan subjek dan sudut pengambilan video dan perlu diperhatikan juga foreground dan background di saat membuat video.

Transisi kreatif

Transisi merupakan perpindahan dari satu scene/footage ke scene/footage yang lain dengan teknik pergerakan kamera yang asik dengan tujuan membuat penonton ikut dalam pergerakan tersebut. 

Transisi yang seamless akan membuat penonton semakin menikmati karya video yang disajikan oleh kreator. Ada tiga transisi kreatif yang bisa dicoba oleh kreator, yaitu transisi whip pan/panning nyabet, transisi menutup kamera, dan transisi numpang lewat.

Nah setelah itu, mengetahui hal-hal di atas, kalian bisa mulai membuat video kreasi kalian. Berikut resep yang dibagikan oleh Aries Lukman

Langkah pertama adalah membuat daftar item yang akan direkam, membayangkan urutan dari videonya, tentukan transisinya, latihan gerakannya dan yang terpenting adalah jangan terburu-buru. 

 

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id