home ×
Digilife

Tips untuk Sekolah Ciptakan Modul dan Buku Pelajaran Berbasis Digital

15 February 2021 By
Tips untuk Sekolah Ciptakan Modul dan Buku Pelajaran Berbasis Digital
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Salah satu kelebihan modul dan buku pelajaran berbasis digital, adalah mudah dan murah. Mudah didapatkan hanya dengan mengunduhnya serta murah, karena tidak perlu mencetak dalam bentuk fisik.

Karena tidak ada batasan ruang, pihak sekolah bisa membuat modul atau buku pelajaran secara digital yang dapat dimanfaatkan seluas-luasnya untuk memberikan informasi pembelajaran kepada para siswa.

airfocus-K_VeavYEfdA-unsplash

Nah, berikut ini, ada tips membuat modul dan buku pelajaran berbasis digital.

Memiliki materi yang memadai

Buku pelajaran ini harus kaya akan konten, bervariasi, mudah dibaca, serta sesuai dengan minat dan kebutuhan siswa. Sebab dampak dari buku yang kaya akan konten dan bervariasi akan menjadi sumber pemecahan masalah akademis, memicu peserta didik untuk membaca, menyenangkan, menstimulasi kreativitas anak, dan sebagainya.

Baca Juga: Seluk Beluk Pijar Sekolah

Pada versi digital, para pendidik bisa membuat buku ini menarik dengan font yang memikat untuk tulisan, gambar penunjang untuk menjelaskan informasi dan bahkan video sebagai pendukung informasi audio visual.

Runut dan Sistematis

Sebetulnya di platform apapun membuat buku pelajaran haruslah runut dan sistematis. Berikanlah penjelasan secara lugas alias tidak berbelit-belit, untuk istilah bisa diberi penjelasan atau contoh.

Runut dari segi urutan, seperti dari mudah ke sulit, dari sederhana ke rumit, dari umum ke khusus, dari sebagian ke keseluruhan, dan sebagainya akan menjadi poin penting dalam membuat modul pendidikan berbasis digital.

Menjadi Alat Ukur bagi Siswa

Ketika buku atau modul ini diberikan, siswa seharusnya mampu mengetahui kompetensi yang telah dicapainya. Nah, bentuk kompetensi pencapaian ini dapat dijadikan umpan balik bagi siswa apakah harus memperdalam lagi bahan tersebut atau melanjutkan kepada bahan lainnya yang lebih tinggi.

Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Jangan menyampaikan buku dengan bahasa yang hanya dimengerti oleh penulisnya sendiri. Menggunakan bahasa yang tepat dan mudah dipahami, menjadi suatu keharusan agar materi pembelajaran bisa diterima dengan baik.

Management Tools Tepat

Sekolah tentunya memiliki kebutuhan yang sangat kompleks. Sehingga, di zaman sekarang ini sekolah dianggap belum maju jika manajemen sekolahnya masih dilakukan dengan pola manajemen yang masih konvensional.

Sehingga tentunya dalam melakukan pola manajemen tersebut diperlukan tools yang tepat. Salah satunya adalah dengan menggunakan Pijar Sekolah.

Ada banyak layanan yang ditawarkan oleh Pijar Sekolah untuk mendukung proses belajar mengajar beberapa di antaranya:

1. Buku Digital

Buku Sekolah Digital sebenarnya  adalah program dari Departemen Pendidikan Nasional Indonesia. Tujuannya adalah untuk menyebarkan buku pelajaran dalam bentuk digital ke seluruh penjuru sekolah dalam beberapa jenjang pendidikan, mulai dari SD, SMP, SMA dan juga SMK.

Selain itu, dengan fitur ini, pihak sekolah bisa menciptakan perpustakaan digital di sekolah, tanpa hawatir buku yang disediakan terbatas atau rusak. Sebab, siswa cukup mengakses fitur ini melalui layanan Pijar Sekolah secara offline, alias bebas internet!

2. Buku Interaktif

Pengertian interaktif dalam Buku Digital Interaktif adalah buku digital yang menjadi media pembelajaran interaktif untuk siswa, yang selain dapat membaca buku digital juga dapat berinteraksi lewat konten interaktif yang ada di dalam buku seperti mendengar suara, melihat animasi, menonton video penjelasan suatu pembahasan pelajaran dan latihan soal.

Buku digital interaktif ini dapat diakses menggunakan perangkat apapun. Baik laptop, tablet maupun ponsel. Dengan buku yang diubah menjadi digital serta bisa diakses dimanapun dan kapanpun, siswa serasa memiliki perpustakaan sendiri. Sebab ribuan buku digital bahkan mungkin seluruh isi perpustakaan dunia dapat tersimpan di Buku Digital Interaktif Pijar Sekolah.

Dan tentu saja masih banyak lagi fitur-fitur yang ditawarkan oleh Pijar Sekolah. Silahkan cek selengkapnya di pijarsekolah.id

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id