icon-category Auto

Toyota Hyryder Resmi Meluncur, Lawan Tangguh Creta dan HR-V

  • 03 Jul 2022 WIB
  • Bagikan :
    Toyota Hyryder (Foto: Toyota)

    Uzone.id - Toyota Hyryder yang dikembangkan bersama Maruti Suzuki akhirnya resmi meluncur pada Jumat (1/7/2022) di India.

    Toyota Hyryder hadir dengan opsi mesin hybrid dan mild hybrid. Selain itu, opsi AWD pada SUV Urban Cruiser ini juga disematkan pada beberapa varian.

    Hyryder akan mulai dijual pada Agustus 2022. Namun, SUV ini sudah bisa dipesan di diler Toyota serta lewat online.

    Untuk bagian dasbor Hyryder punya tata letak mirip dengan model Baleno, Glanza dan Brezza. Toyota menggunakan tema cokelat dan hitam untuk interior, sejalan dengan tren kekinian.

    Untuk versi hybrid akan hadir dengan interior dual tone, sedangkan varian mild hybrid akan mendapat interior serba hitam.

    BACA JUGA: Cuma 30 Unit di RI, New BMW 530i Touring M Sport Dijual Rp1,6 Miliar

    Hyryder mendapat sistem infotainment layar sentuh 9 inci, yang dikembangkan Toyota bersama Maruti Suzuki. Namun, untuk bagian stir dikembangkan oleh Maruti Suzuki.

    Untuk teknologi hybrid pada Hyryder, menggunakan teknologi generasi keempat e-drive Toyota yang juga dipakai Yaris dan Yaris Cross.

    Selain itu, Hyryder membawa mesin TNGA Atkinson Cycle 1.5 liter milik Toyota yang menghasilkan tenaga 92 hp dan torsi 122 Nm.

    Mesin punya kompresi 14:1 dan dipasangkan dengan motor listrik yang menghasilkan tenaga 79 hp dan torsi 141 Nm.

    Untuk pembangkit listrik hybrid menghasilkan 115 hp tenaga gabungan. Itu terhubung dengan transmisi e-drive Toyota.

    Toyota Hyryder terdapat sistem hybrid yang dipasangkan dengan baterai lithium-on 177,6V yang menawarkan jangkauan 25 km.

    Toyota juga menawarkan mesin Neo Drive yang dasarnya adalah pembangkit listrik mild-hybrid 1.5 liter K15C yang terhubung dengan Integrated Starter Generator (ISG).

    Mesin tersebut telah ditanamkan pada Ertiga Hybrid versi India. Sedangkan untuk versi Indonesia masih menggunakan mesin K15B. 

    Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga 103 hp dan torsi 137 Nm. Mesin dipasangkan dengan transmisi manual 5-percepatan atau opsional girboks otomatis konverter torsi 6-percepatan.

    BACA JUGA: Honda ADV 160 Resmi Meluncur, Harga Nyaris Tembus Rp40 Juta

    SUV ini terdapat lima varian: E, S, G, dan V. Varian tertinggi terdapat fitur panoramic sunroof, kamera 360 derajat, charger nirkabel, cluster instrument sudah full digital, heads up display, voice assistant dengan kompabilitas Google dan Siri. Fitur tambahan termasuk velg 17 inci dan jok berpendingin.

    Untuk fitur keselamtan, Toyota Hyryder mendapat 6 airbag, sistem pemantauan tekanan bana, ESP, hill-hold assistant, rem cakram semua roda, dan hill descent control. Untuk versi AWD terdapat fitur drive mode.

    Rencananya, Hyryder tak cuma dijual di pasar India, namun juga akan diekspor ke beberapa negara. Apakah Indonesia termasuk?

    Kalau saja masuk Indonesia, Toyota Hyryder akan jadi lawan tangguh bagi Hyundai Creta, Kia Seltos, dan Honda H-RV.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini