icon-category Telco

Trafik Naik 4 Persen Saat Natal, Pengguna Smartfren Rajin TikTokan

  • 31 Dec 2022 WIB
Bagikan :
Foto: Smartfren

Uzone.id – Lonjakan trafik internet pada periode liburan Natal memang menjadi momentum yang selalu diantisipasi oleh perusahaan operator. Dari laporan yang dirilis Smartfren, momen Natal di tahun ini tetap terjadi kenaikan trafik, khususnya layanan data alias internet.

Selama momen perayaan Natal 2022, peningkatan trafik internet Smartfren mengalami lonjakan sekitar 4 persen dibandingkan di hari biasa.

Smartfren juga mencatat sejumlah aktivitas digital semakin meningkat dan berkontribusi pada lonjakan trafik internet yang terjadi di momen perayaan Natal tahun ini.

Kontribusi terbesar dalam kenaikan trafik tersebut adalah meningkatnya akses media sosial seperti TikTok, YouTube, Facebook dan WhatsApp yang bervariasi antara 5 -10 persen.

Baca juga: Kesiapan Operator Seluler Hadapi Lonjakan Trafik di Tahun Baru

“Kami sukses mengatasi peningkatan internet yang terjadi di Hari Raya Natal 2022 dan terus memberikan layanan terbaiknya untuk pelanggan. Selain antisipasi untuk perayaan hari besar, kami juga secara konsisten dan rutin melakukan optimasi jaringan agar pelanggan dapat menikmati layanan internet untuk membuka berbagai peluang digital,” tutur VP Network Operations Smartfren Agus Rohmat dalam pernyataannya yang diterima Uzone.id.

Selepas perayaan Natal kemarin, kesiapan jaringan Smartfren diakui terus dijaga untuk mengantisipasi potensi terjadinya lonjakan trafik selama perayaan Tahun Baru 2023, mengingat potensi terjadinya titik keramaian di berbagai objek wisata di Jabodetabek, maupun kota-kota lainnya.

Beberapa waktu lalu pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyampaikan bahwa Smartfren telah meningkatkan kapasitas jaringan internet dari 3.480 Gbps menjadi 4.350 Gbps sebagai bentuk antisipasi lonjakan trafik menjelang perayaan Tahun Baru.

Baca juga: Hal-hal yang Harus Diketahui Soal eSIM dan Cara Pakainya

“Kami telah siapkan teknologi yang secara fleksibel dapat mengelola kapasitas dan jaringan yang dibutuhkan di satu titik ketika terjadi lonjakan akses internet. Selain itu Smartfren juga senantiasa menyiagakan Network Operations Center (NOC) dan tim khusus yang memantau kondisi jaringan selama 24 jam,” tambah Agus.

Diketahui, pihak Kominfo melalui Plt. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo, Ismail memperkirakan bahwa setidaknya ada 3 sampai 17 persen kenaikan trafik selama momen NATARU (Natal dan Tahun Baru) jika dibandingkan di hari-hari normal.

Masing-masing operator telekomunikasi telah mengantisipasi kenaikan trafik jaringan telekomunikasi.

Selain Smartfren, ada Telkomsel yang telah meningkatkan kapasitas internet gateway dari 8.812 Gbps menjadi 11.052 Gbps.

Lalu ada Indosat Ooredoo Hutchinson yang telah meningkatkan kapasitas jaringan internet dari 5.466 Gbps menjadi 7.273 Gbps, serta kapasitas XL Axiata sebesar 6.000 Gbps, dan kapasitas internet 28.270 Gbps dari Telkom berikut ekspansi kapasitas backbone sebesar 5.680 Gbps.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini