icon-category Telco

Trafik Naik 8,9%, Pelanggan Indosat TikTokan & Gaming di Tahun Baru

  • 04 Jan 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id – Optimalisasi jaringan seluler dan layanan data saat momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) setiap tahunnya memang menjadi rutinitas yang dilakukan oleh perusahaan telekomunikasi di Indonesia. Selama perayaan Nataru 2024, Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) memaparkan data lonjakan trafiknya.

Dari data yang dibagikan Indosat, kenaikan trafik data terbesar di angka 8,4 persen jatuh pada 24 Desember 2023, dan 8,9 persen pada momen perayaan tahun baru di 31 Desember 2023. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan rata-rata periode hari normal.

Nah, saat malam pergantian tahun, platform digital menjadi primadona yang berkontribusi terhadap kenaikan trafik layanan data Indosat, seperti TikTok, WhatsApp, Instagram, YouTube, dan Facebook.

Selain layanan digital, peningkatan trafik ini juga disumbang dari aktivitas gaming pelanggan Indosat yang mayoritas memainkan Mobile Legends, Roblox, Call of Duty, Genshin Impact, dan PUBG. Bahkan layanan digital myIM3 dan bima+ mengalami peningkatan aktivitas hampir 1 juta pelanggan.

Hal menarik lainnya, peningkatan trafik data yang signifikan tersebut berada di sejumlah kota, seperti Bandung, Banjarnegara, Bogor, Karawang, Kediri, Madiun, Malang, Purwakarta, Purwokerto, Tangerang, Tasikmalaya, dan Tegal.

Sedangkan kota di luar Pulau Jawa beberapa di antaranya Balikpapan, Bandar Lampung, Bali, Bone, Gowa, Kotabumi, Medan, Metro, Pare-pare, Pontianak, dan Samarinda.

“Kami berhasil memenuhi tingginya kebutuhan digital pelanggan selama masa liburan akhir tahun ini. Hal ini tak lepas dari dedikasi penuh seluruh tim Indosat dan mitra di lapangan dalam memastikan tersedianya layanan telekomunikasi yang optimal, sehingga pelanggan dapat melewatkan momen spesial bersama keluarga dan orang tercinta,” ungkap Director & Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison Desmond Cheung dalam keterangan yang diterima Uzone.id.

Diketahui, dalam memenuhi lonjakan trafik data, Indosat telah meningkatkan konektivitas jaringannya secara proaktif dengan melakukan optimasi pada 434 lokasi prioritas dan peningkatan kapasitas di 527 titik.

Perusahaan juga telah menggelar uji coba jaringan di jalur dan wilayah yang diprediksi akan mengalami peningkatan perjalanan selama liburan, seperti Trans Jawa, Trans Sumatera, Cikampek, Samarinda, dan Balikpapan.

Hasil optimalisasi dan peningkatan kapasitas jaringan ini secara terus menerus dimonitor oleh Command Center 24/7 yang berpusat di Indosat Ooredoo Hutchison Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo Hutchison Service Operation (ISOC).

Command Center fisik terpusat ini didukung oleh teknologi Artificial Intelligence/Machine Learning (AI/ML) dan otomatisasi agar dapat memantau ketersediaan dan kualitas jaringan, termasuk mengatasi tantangan dan keluhan yang muncul untuk menjaga kenyamanan pelanggan menggunakan layanan Indosat.

Aplikasi dan dashboard khusus seperti Operational Dashboard, Performance Dashboard, NetDrone, dan Subscriber Movement Dashboard disiapkan untuk memantau status performa jaringan dan pengalaman digital pelanggan secara proaktif. Dengan dukungan teknologi ini, Indosat dapat mempercepat penanganan kendala jaringan yang terjadi di awal tahun 2024.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini