icon-category Digilife

Tragedi Kanjuruhan, Pita Hitam Hingga Moment of Silence Ramaikan Medsos

  • 04 Oct 2022 WIB
Bagikan :
Ilustrasi foto: KNVB @KNVB/Twitter

Uzone.id - Indonesia, bahkan dunia sedang berduka atas Tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada 1 Oktober 2022 lalu. Ratusan suporter Arema menjadi korban jiwa pertandingan ‘maut’ ini.

Hingga saat ini, ucapan dan bentuk belasungkawa pun terus disampaikan oleh berbagai kalangan baik itu internasional maupun lokal. Bahkan dua hari setelah kejadian ini terjadi, jumlah korban pun masih terus bertambah.

Tragedi Kanjuruhan mencatatkan korban terbanyak kedua dalam sejarah dunia, tak heran kalau kejadian ini menarik banyak perhatian dunia.

Klub-klub bola Indonesia serempak mengganti foto media sosial mereka dengan latar belakang hitam, liga Indonesia diberhentikan sementara hingga waktu yang tak ditentukan, presiden FIFA menyampaikan dukanya, liga dunia turut mengheningkan cipta, bendera Indonesia dengan pita hitam terpampang di pertandingan liga dunia, dan masih banyak lagi.

Tak hanya dunia persepakbolaan, bahkan aktor dunia pun turut berduka dengan adanya kejadian ini.

Ucapan Belasungkawa Klub Bola Dunia

Manchester United, Manchester City, Liverpool, Barcelona dan banyak klub bola dunia menyampaikan dukanya atas kejadian di Kanjuruhan, Malang. Salah satunya Manchester United yang merupakan salah satu klub dunia yang memiliki pendukung terbanyak.

Baca juga: Klub Bola Indonesia Kompak Ganti Profil Medsos, Kenang Tragedi Kanjuruhan

Manchester United turut berduka sedalam-dalamnya atas tragedi di Malang, Indonesia. Kami turut menyampaikan duka kami kepada para korban, keluarga dan semua orang yang terkena dampak kericuhan ini,” tulis Manchester United.

Lalu ada Barcelona yang juga mengucapkan belasungkawanya kepada para korban Tragedi Kanjuruhan, Malang.

FC Barcelona turut berduka atas peristiwa tragis di Stadion Kanjuruhan, Indonesia dan turut menolak segala tindakan kekerasan baik di dalam maupun luar lapangan. Belasungkawa yang tulus kami sampaikan untuk keluarga dan kerabat korban,” tulis Barcelona.

Klub bola Indonesia juga menunjukkan dukanya dengan mengganti profil media sosial dengan background hitam. Pita hitam juga turut disebarkan di berbagai media sosial, termasuk media sosial PSSI.

Aktor Korea Selatan, Lee Min Ho Turut Berduka

Tak hanya pemain bola, aktor Korea Selatan juga turut menyampaikan belasungkawanya dengan mengunggah postingan berlatar belakang hitam.

Berdoa untuk Kanjuruhan Indonesia,” tulisnya.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh 이민호 leeminho (@actorleeminho)

Postingan ini mendapat 2,7 juta suka dan mendapat 129 ribu komentar dari warganet Indonesia.

Mengheningkan Cipta untuk Tragedi Kanjuruhan

Moment of Silence atau mengheningkan cipta digelar oleh beberapa pertandingan dunia, salah satunya adalah pertandingan La Liga Real Madrid vs Osasuna, Espanyol vs Valencia dan presiden Real Madrid pun turut mengajak untuk mengheningkan cipta dalam pertemuan umum dengan Socios.

Bendera Indonesia dengan Pita Hitam

Tak hanya mengheningkan cipta, pertandingan La Liga antara Real Madrid vs Osasuna, Espanyol vs Valencia juga menampilkan bendera Indonesia dengan pita hitam di samping scoreboard saat pertandingan. 

Pita Hitam Melekat di Lengan Pemain Bola Dunia

Pita hitam juga menjadi simbol dan tanda belasungkawa dari pemain dunia terhadap Tragedi Kanjuruhan di Malang yang memakan korban ratusan jiwa suporter Arema Malang.

Terlihat pemain Manchester United dan Manchester United menggunakan pita hitam di lengan mereka ketika melakukan Derby Manchester, Minggu, (02/10).

Hingga saat ini, Tragedi Kanjuruhan masih menjadi trending topic di seluruh media sosial. Banyak yang menyayangkan kejadian ini terjadi, duka orang tua yang ditinggalkan pun terus dibagikan di media sosial. Perhitungan jumlah korban pun masih terus berlangsung, begitupun dengan korban yang masih belum teridentifikasi hingga kini.

Cek informasi menarik lainnya di Google News

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini