icon-category Auto

Transmisi CVT dan Suspensi, Kunci Peningkatan Kenyamanan New Xpander

  • 20 Dec 2021 WIB
  • Bagikan :

    Uzone.id - Sejak dilahirkan pada 2017 lalu, Mitsubishi langsung menawarkan pembeda pada Xpander dimana low MPV ini jadi bisa lebih nyaman ketimbang para rivalnya.

    Nah masuk tahun 2021 dengan perubahan barunya, Mitsubishi gak berhenti untuk terus meningkatkan kenyamanan dan kepraktisan sebuah Xpander.

    Dua poin penting dari ubahan yang dilakukan pada Xpander terbaru ini adalah sodoran transmisi CVT dan juga sertingan suspensi baru.

    Baca juga: BMW Punya Logo Baru, Gak Bakal Muncul di Mobil

    Transmisi CVT ini menggantikan transmisi matic torque converter. MMKSI mengklaim performa CVT di mobil ini memberikan keseimbangan terbaik, antara akselerasi yang maksimal dan tajam layaknya transmisi AT 8 percepatan, serta lebih efisien bahan bakar, dan menghadirkan pengendaraan yang lebih smooth atau halus.

    Untuk mesinnya tetap sama ya, 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve dengan spesifikasi Euro4, yang menghasilkan output tenaga puncak 105 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 141 Nm pada 4.000 rpm.

    Kemudian hal kedua yang menambah kenyamanan New Xpander adalah ketika Mitsubishi melakukan seting ulang pada sektor suspensinya.

    Secara spesifikasi, Mitsubishi Xpander facelift masih mengusung suspensi depan MacPherson Strut with Coil Spring dan suspensi belakang Torsion Beam. 

    Namun Mitsubishi mengklaim jika suspensinya sudah disesuaikan ulang agar lebih nyaman dengan meningkatkan kualitas suspensi dan shock absorber.

    Kedua piranti tersebutsudah mendapatkan setingan baru, sehingga menghasilkan pengendalian dan stabilitas yang lebih nyaman untuk pengendaraan yang lebih stabil di jalan yang kasar.

    Sementara penambahan fitur baru lainnya, kini ada Electric Parking Brake (EPB) kali pertama diterapkan di segmen low MPV. 

    Fitur  akan menghilangkan tuas rem parkir, sehingga area konsol tengah jadi lebih bersih. Selain bikin tampilan interior jadi lebih sederhana, Electric Parking Brake juga lebih canggih karena bisa menjalankan fitur Brake Auto Hold.

    Fitur di mana saat terjebak kemacetan Anda tidak perlu lagi menahan pedal rem terus menerus. Cukup aktifkan fitur ini, maka mobil berhenti total saat pedal rem diinjak, dan cukup injak pedal gas lagi untuk kembali melaju. 

    lalu ada Speed Sensing Door Lock dan Auto Stop & Go. Fitur ini akan membuat pintu mengunci otomatis saat New Xpander mencapai kecepatan tertentu. 

    Sementara fitur Auto Stop & Go bisa menonaktifkan mesin secara otomatis pada saat pedal rem diinjak ketika di kondisi jalanan macet. Teknologi Auto Stop & Go ini tentu bisa menghemat konsumsi bahan bakar.

    Selain itu juga terdapat banyak fitur-fitur yang sangat fungsional mulai dari AC digital, head unit 9 inci yang bisa terkoneksi Android Auto dan Apple Car Play, ruang penyimpanan yang besar, hingga port USB type C. 

    VIDEO First Drive Honda Civic Terbaru:

    Cek informasi menarik lainnya di Google News

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini