icon-category Auto

Tren Modifikasi Vespa Matic 2024, Racing Style Masih Favorit?

  • 15 Jan 2024 WIB
Bagikan :

Uzone.id - Vespa matic masih menjadi salah satu skuter Italia yang memiliki banyak peminat di Indonesia. Bahkan tak sedikit penggunanya yang kerap melakukan modifikasi pada Vespa kesayangan, lantas bagaimana trennya?

Dennil Sagita selaku pemilik bengkel Scooter VIP yang merupakan bengkel spesialis modifikasi dan perawatan Vespa di Bekasi dan Surabaya menyebutkan di tahun 2024 ini konsep 80's-90's retro racing masih banyak diminati.

"Terlihat di tahun ini beberapa bagasi pengguna Vespa juga diubah menjadi dashboard race panel, layaknya motor balap namun untuk penggunaan bagasi. Meskipun komponen aftermarket dari luar negeri tidaklah murah, tapi hal itu justru yang jadi daya tarik. Sebab motor yang didandani dengan komponen tersebut bakal punya gengsi sehingga bikin pede saat riding," ujar Dennil dalam keterangan resminya.

alt-img

Menariknya, menurut Dennil meskipun secara tren ke arah racing, namun dari segi warna body perpaduan warna pantone dan pastel akan banyak diminati. Warna ini memadukan warna lain dengan warna putih, hal ini masih sejalan dengan gaya 80's-90's retro racing.

Bukan hanya dari warna, namun di bagian kemudi juga banyak yang akan menggunakan driver screen yang biasa digunakan Vespa klasik. Drive screen ini menurut Dennil dipadukan ke Vespa matic yang kemudian disesuaikan agar lebih minimalis.

"Penggunaan duck tail sebagai pengganti rak belakang menjadi ciri khas baru, karena rear rack model besi juga sudah berubah ke arah lebih sporty untuk sandaran tas kecil atau pouch," ungkapnya.

Pada bagian body juga menurut Dennil akan banyak yang menggunakan lis body dan cover panel switch warna hitam glossy yang lebih sporty.

Selanjutnya dari segi performa, modifikasi Vespa matic di 2024 akan banyak yang menggunakan cover transparan. Dengan demikian, merek filter udara yang digunakan menjadi mudah terlihat dan terpantau.

"Lalu untuk sektor performa bagian CVT seperti Variator, Kevlar belt, Kopling, Drum Kopling, Blok mesin, Piggyback, per torsi sampai ke knalpot, masih menjadi komponen yang biasanya ditingkatkan agar nyaman untuk harian stop n go," jelasnya.

Sisanya tren modifikasi Vespa matic juga banyak yang menggunakan komponen aftermarket, seperti footstep model racing untuk pembonceng belakang. Kemudian di kaki-kaki seperti shockbreaker, kaliper, dan selang rem braided masih menjadi aksesoris yang wajib ditingkatkan karena berhubungan dengan tampilan eksterior.

Dennil menyebutkan meskipun semua tren modifikasi Vespa di 2024 ini masih cukup beragam, namun semua kembali ke daya beli dan masing-masing pengguna. Dennil menyarankan modifikasi Vespa matic masih bisa disesuaikan terhadap prioritas baik dalam hal tampilan maupun fungsi.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini