icon-category Gadget

Tuh Kan! Dynamic Island iPhone 14 Bakal Ditiru Xiaomi

Uzone.id - Fitur Dynamic Island pada iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max ternyata berhasil bikin vendor smartphone Android tergoda membuat fitur serupa. Salah satunya Xiaomi yang tengah mengembangkan fitur bernama Smart Island untuk Redmi K60 yang akan datang.

Redmi K60 merupakan smartphone high-end yang akan rilis di awal tahun depan. Smartphone ini kemungkinan besar akan ditenagai prosesor terbaru Qualcomm, yaitu Snapdragon 8 Gen 2.

Namun ada kabar yang beredar kalau SoC (system on chip) yang dipakainya adalah Snapdragon 8+ Gen 1. Namun seperti K Series lainnya dari Redmi, smartphone ini dipersiapkan sebagai ponsel dengan kemampuan gaming di atas rata-rata.

Baca juga: Akankah Ponsel Android Tiru Dynamic Island iPhone 14 Pro?

Dilengkapi fitur ‘Smart Island’

Tapi bukan spesifikasi utama Redmi K60 yang bikin kepincut, melainkan kemungkinan hadirnya fitur tiruan Dynamic Island ala iPhone 14 Pro yang bernama Smart Island. 

Nama fitur ini diucapkan Presiden Xiaomi China, Lu Weibing dalam sebuah postingan di Weibo. Ia tampaknya ingin tahu, apakah Redmi K60 perlu mengadopsi salah satu fitur andalan iPhone 14 Pro tersebut atau tidak.

“Apakah kalian benar-benar ingin Smart Island?” katanya.

Pertanyaan Lu Weibing pun direspon oleh para Mi Fans. Mereka berharap fitur seperti Dynamic Island itu hadir di Redmi K60 Series yang akan datang.

Sebelumnya, seorang developer tema MIUI asal China membuat tema bernama ‘Grumpy UI’ yang menghadirkan tampilan ala Dynamic Island. Cara kerjanya bahkan mirip seperti iPhone 14 Pro, bedanya cuma terletak pada posisi lubang kameranya saja.

Baca juga: Ketika Developer China Sukses Bikin Dynamic Island ‘KW’

Ponsel Xiaomi yang digunakan memiliki lubang kamera di sudut kiri atas layar, bukan di tengah seperti iPhone 14 Pro. Grumpy UI menampilkan popup notifikasi di sebelah kanan kamera yang menunjukkan menu pemutar musik.

Saat ditekan, panel tersebut langsung membesar dan menutupi kamera depan. Bedanya lagi, saat Dynamic Island ‘KW’ tersebut didiamkan, panel ini tidak menyatu dengan kamera depan. Sementara di iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max, Dynamic Island terlihat menyatu dengan lubang kamera.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini