icon-category Telco

Tuntaskan Akuisisi, 300 Ribu Pelanggan MNC Play Pindah ke Indosat

Uzone.id - Proses akuisisi pelanggan MNC Play oleh Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) telah selesai dengan nilai transaksi sebesar Rp876,86 miliar. Total lebih 300 ribuan pelanggan MNC Play pun beralih menjadi konsumen dari Indosat HiFi.

“Jadi Subscriber PT MNC Kabel Mediacom (MKM) dibeli oleh IOH,” jelas Executive Chairman MNC Group, Hary Tanoesoedibjo, di MNC Tower, Jakarta, pada Senin (27/11).

Langkah strategis ini menegaskan komitmen Indosat dalam menyediakan layanan internet rumah tangga untuk masyarakat luas yang dilengkapi dengan layanan video entertainment yang disediakan oleh MNC Play.

“Kami menjadi yang pertama dan tercepat yang mendapat 20.000 pelanggan (pelanggan Indosat HiFi, red). Tapi kami inginkan adalah peningkatan, dan dari transaksi ini kami memiliki 350 ribu pelanggan (total pelanggan setelah akuisisi, red),” jelas CEO dari IOH, Vikram Sinha di kesempatan yang sama.

Di saat yang bersamaan, MNC Play juga menjual divisi jaringan fiber-to-the-home (FTTH), kabel dan infrastruktur fixed broadband kepada Asianet yang merupakan bagian Lightstorm Group Company.

Total transaksi dari akuisisi ini mencapai nilai Rp2,42 triliun. Lewat akuisisi ini, Asianet memiliki jaringan fiber lebih dari 15 ribu kilometer dan lebih dari 1,5 juta homepass di sepuluh kota di Indonesia.

“Kami fokus untuk membangun infrastruktur fiber di Indonesia yang memiliki basis pengguna yang besar, namun penetrasinya yang rendah, seperti yang disebutkan pak Vikram,” jelas Amajit Gupta, Lightstorm Group CEO & MD, di kesempatan yang sama.

Selanjutnya, Indosat akan menggunakan jaringan FTTH Asianet untuk meningkatkan kapasitasnya pada bisnis FTTH yang beroperasi di bawah brand Indosat HiFi.

“Sekarang kerja sama ini menjadi sangat strategis. Kami memastikan, apapun konten yang pelanggan mau, kami ingin memberikannya untuk mereka dengan memanfaatkan layanan dari MNC Play,” pungkas Vikram.

Sebagai informasi, Indosat HiFi merupakan layanan layanan koneksi internet kabel optik (fiber to the home) yang dirilis IOH pada September 2022. Sementara MNC Play didirikan pada awal Januari 2013 dengan nama MNC Kabel Mediacom dibawah naungan MNC Vision Networks yang merupakan bagian dari grup Media Nusantara Citra, yang berfokus sebagai penyedia layanan jaringan berbasis serat optik.

Biar gak ketinggalan informasi menarik lainnya, ikuti kami di channel Google News dan Whatsapp berikut ini.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini