home ×
Digilife

Turun dari Tahta Amazon, Kemana Jeff Bezos?

05 July 2021 By
Turun dari Tahta Amazon, Kemana Jeff Bezos?
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Orang terkaya di dunia, Jeff Bezos akhirnya mundur dari jabatannya sebagai CEO perusahaan yang memberikan cuan besar dalam hidupnya, Amazon. Pria berusia 57 tahun itu menyerahkan tampuk kekuasaan kepada Andy Jassy yang sebelumnya menjadi pimpinan Amazon Web Services (AWS).

Dilansir melalui Money Control, Senin, 5 Juli 2021, para karyawan Amazon tidak sepenuhnya yakin jika Bezos akan benar-benar melepaskan diri dari Amazon. Dia dipercaya akan tetap menjadi penentu atau pengambil keputusan, terutama terkait dengan hal-hal besar.

Pasalnya, Bezos masih menjadi pemegang saham terbesar di Amazon. Dia juga akan menjadi Komisaris Eksekutif di perusahaan yang bernilai USD1,7 triliun tersebut.

Baca juga: Jeff Bezos Mundur Jadi CEO Amazon

Sebagai orang paling kaya di dunia dengan harta sebesar USD199 miliar, Bezos memiliki banyak hal yang bisa dia lakukan setelah keluar dari Amazon. Namun begitu, dalam pidato perpisahaannya kepada 1,3 juta karyawan, Bezos mengatakan jika dia tidak pensiun melainkan memiliki peran yang berbeda untuk mendapatkan lebih banyak energi.

"Saya memilih untuk memfokuskan energi dan perhatian saya ke produk yang baru, ide baru. Saya sangat bersemangat memikirkan dampak yang akan ditimbulkan dari perusahaan ini," ujar Bezos, seperti dikutip dari Guardian.

Omongannya bukan isapan jempol semata. Dalam sebuah postingan di akun Instagram, Bezos memperlihatkan dirinya sedang duduk di balik setir mobil. Sepertinya mobil itu adalah kendaraan listrik berbentuk truk pick-up. Kendaraan itu dibuat oleh perusahaan rintisan bernama Rivian yang mendapatkan dana dari Amazon.

Baca juga: Mengenal Andy Jassy, Calon Pengganti Jeff Bezos

Sejatinya, selain Amazon, banyak perusahaan yang dimiliki oleh Bezos. Dia juga menjadi angel investor bagi beberapa perusahaan rintisan yang dianggap cukup berpotensi di masa depan.

Beberapa perusahaan yang dimiliki Bezos di antaranya Blue Origin yang bergerak di bidang luar angkasa. Bahkan pada pertengahan Juli nanti, Bezos dan adiknya beserta seorang astronaut wanita akan terbang dalam sensasi wisata luar angkasa selama beberapa jam.

Selain Blue Origin, Bezos juga dikenal sebagai taipan media massa. Dia tercatat pernah membeli Washington Post pada 2013 dengan nilai USD250 juta. Bezos juga memiliki sebuah studio produksi film bernama Amazon Studios. Tak lupa, harta kekayaan juga digunakan untuk membantu sesama dalam sebuah yayasan, juga untuk mengkampanyekan dampak perubahan iklim.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id