icon-category Digilife

Twitter Hadirkan Peringatan untuk Cuitan Covid-19 yang Menyesatkan

  • 13 May 2020 WIB
  • Bagikan :

    Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

    Uzone.id - Twitter kemungkinan akan tampil dengan sedikit perbedaan. Ya! Dalam rangka memerangi hoaks, Twitter memperkenalkan label dan peringatan untuk Tweet alias cuitan yang menyesatkan terkait Covid-19.

    Mengutip 9to5mac, label tersebut bakal ditautkan ke halaman atau sumber terpercaya eksternal terkait Covid-19. Label baru ini akan berlaku untuk setiap cuitan di masa mendatang dan yang sudah diunggah sebelumnya.

    Baca juga: Panggilan Video Google Duo Kini Bisa dari Browser

    Dalam blog resminya, Twitter menuliskan, “Awal tahun ini, kami memperkenalkan label baru untuk Tweet yang berisi konten manipulasi. Label serupa akan muncul di Tweet berisi informasi yang berpotensi berbahaya, menyesatkan terkait dengan Covid-19. Ini juga akan berlaku untuk Tweet yang dikirim sebelum hari ini.”

    Twitter mengatakan konten yang menyesatkan dapat dipecah menjadi tiga kategori. Pertama, informasi yang menyesatkan, seperti pernyataan yang telah dikonfirmasi salah atau menyesatkan oleh para ahli yang bersangkutan, seperti otoritas kesehatan.

    Baca juga: Tak Lama Lagi Video Call WhatsApp Bisa Tampung 50 Orang via Desktop

    Kedua, klaim berupa pernyataan di mana keakuratan, kebenaran, atau kredibilitasnya diperdebatkan atau tidak diketahui.

    Ketiga, klaim yang tidak diverifikasi alias informasi (yang bisa benar atau salah) yang belum dikonfirmasi pada saat diunggah.

    Peringatan yang dibuat Twitter ini akan memberi tahu orang-orang bahwa informasi dalam Tweet alias cuitan soal Covid-19 bertentangan dengan panduan ahli kesehatan.

    Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini