home ×
Digilife

Twitter Uji Coba Fitur Communities, Mau Saingi Facebook Group

09 September 2021 By
Twitter Uji Coba Fitur Communities, Mau Saingi Facebook Group
Share
Share
Share
Share

 

Uzone.id - Twitter ingin mengekor apa yang dilakukan Facebook dengan layanan Facebook Groups. Kali ini, platform mikroblogging itu kabarnya sedang menguji coba fitur bernama Communities, yang tentu saja sebagai wadah anggota komunitas untuk berbagi info.

Sesuai dengan namanya, Twitter Communities, memungkinkan pengguna untuk berbagi nformasi tentang hobi atau minat yang sama. Mereka bisa membuat kelompok sendiri untuk minat dan hobi tersebut. Ya, memang hampir sama dengan Facebook Groups.

Meski digadang akan memiliki kesamaan dengan Facebook, Twitter Communities akan tetap memiliki nilai yang berbeda. Termasuk fitur dan startegi untuk memanjakan para komunitas tersebut.

BACA JUGA: Xiaomi Bersiap Gelar Hajat 15 September, Rilis Apa Lagi?

Dalam keterangan di blog resmi Twitter, yang dikutip dari Slash Gear, Kamis, 9 September 2021, Twitter menjelaskan jika hanya anggota Communities yang diperbolehkan untuk memposting dan memberikan komen dari postingan yang ada. Bedanya, Communities di Twitter akan tetap bisa dilihat oleh publik dan postingannya bisa dibaca walau tak bisa memberikan komentar.

Selain itu, Postingan komunitas juga dapat dilaporkan oleh semua orang tanpa memandang status keanggotaan. Jadi, Komunitas tidak bersifat pribadi dalam arti sebenarnya, tetapi lebih dibatasi dengan tujuan menjaga percakapan tetap fokus pada topik tertentu.

Twitter mengatakan bahwa aturan Communities akan ditetapkan oleh moderator mereka, yang juga dapat mengangkat anggota lain sebagai moderator. Communities harus mengikuti aturan Twitter, sementara moderator memiliki seperangkat pedoman yang diharapkan untuk mereka ikuti agar dapat terus mengelola Komunitas mereka.

BACA JUGA: PPKM Level 2, Masuk Mal Tetap Pakai PeduliLindungi

Selama tahap awal pengujian, Twitter mengatakan bahwa pembuatan Communiites akan dibatasi hanya untuk beberapa topik seperti anjing, cuaca, sepatu kets, perawatan kulit, dan astrologi. Pengguna Twitter perlu diundang oleh moderator atau anggota yang sudah ada sebelum mereka dapat bergabung dengan Komunitas tertentu, tetapi Twitter mengatakan akan membuka lebih banyak cara untuk bergabung dan merekrut di masa mendatang.

Belum diketahui kapan Twitter akan secara luas membuka akses Communities. Namun yang jelas, saat ini uji coba tersebut melibatkan platfom iOS dan Web. Menyusul Android.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id